Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudah & Tak Perlu ke Kantor! Begini Cara Buka Rekening Online Mandiri, BCA, dan BNI

Jika dulu nasabah harus pergi ke kantor bank untuk melakukan transaksi, seperti membuka rekening tabungan, saat ini bisa dilakukan melalui smartphone.
Mobile banking/istimewa
Mobile banking/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Transformasi digital yang terjadi di sektor perbankan kian memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.

Jika dulu nasabah harus pergi ke kantor bank untuk melakukan transaksi, seperti membuka rekening tabungan, saat ini bisa dilakukan melalui perangkat pintar.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada ribuan kantor bank yang ditutup seiring dengan transformasi digital perbankan.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK, Teguh Supangkat mengatakan transformasi digital mengakibatkan 2.593 jaringan kantor cabang bank mengalami penurunan sejak 2017 hingga Agustus 2021.

Indonesia telah memasuki suatu era baru industri 4.0 yang ditandai dengan semakin meningkatnya konektivitas dan konvergen manusia mesin dengan sumber daya lain.

Menurut Teguh, revolusi di era baru industri 4.0 juga telah membuat bank secara intensif mengkaji ulang model bisnis tradisional. Apalagi, lanjut Teguh, proses digitalisasi terjadi semakin masif selama pandemi Covid-19.

Dengan kata lain, bank harus merespons dengan cepat dan efisien terhadap tuntutan perubahan nasabah dengan menawarkan layanan yang inovatif, aman, dan sederhana untuk bisa digunakan oleh konsumen.

“Dapat kami sampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kami melihat perbankan nasional telah mulai melakukan suatu transformasi digital, termasuk mengembangkan layanan dan produk digital,” kata Teguh dalam acara virtual Launching Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan, Selasa (26/10/2021).

Saat ini, bank-bank besar telah memiliki layanan pembukaan rekening simpanan yang dapat diakses nasabah tanpa perlu ke kantor cabang.

Bisnis pun menghimpun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuka rekening online di beberapa bank besar, seperti Bank Mandiri, BCA, dan BNI. Berikut rinciannya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Bank Mandiri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper