Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudah & Tak Perlu ke Kantor! Begini Cara Buka Rekening Online Mandiri, BCA, dan BNI

Jika dulu nasabah harus pergi ke kantor bank untuk melakukan transaksi, seperti membuka rekening tabungan, saat ini bisa dilakukan melalui smartphone.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  12:15 WIB
Mobile banking - istimewa
Mobile banking - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Transformasi digital yang terjadi di sektor perbankan kian memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.

Jika dulu nasabah harus pergi ke kantor bank untuk melakukan transaksi, seperti membuka rekening tabungan, saat ini bisa dilakukan melalui perangkat pintar.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada ribuan kantor bank yang ditutup seiring dengan transformasi digital perbankan.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK, Teguh Supangkat mengatakan transformasi digital mengakibatkan 2.593 jaringan kantor cabang bank mengalami penurunan sejak 2017 hingga Agustus 2021.

Indonesia telah memasuki suatu era baru industri 4.0 yang ditandai dengan semakin meningkatnya konektivitas dan konvergen manusia mesin dengan sumber daya lain.

Menurut Teguh, revolusi di era baru industri 4.0 juga telah membuat bank secara intensif mengkaji ulang model bisnis tradisional. Apalagi, lanjut Teguh, proses digitalisasi terjadi semakin masif selama pandemi Covid-19.

Dengan kata lain, bank harus merespons dengan cepat dan efisien terhadap tuntutan perubahan nasabah dengan menawarkan layanan yang inovatif, aman, dan sederhana untuk bisa digunakan oleh konsumen.

“Dapat kami sampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kami melihat perbankan nasional telah mulai melakukan suatu transformasi digital, termasuk mengembangkan layanan dan produk digital,” kata Teguh dalam acara virtual Launching Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan, Selasa (26/10/2021).

Saat ini, bank-bank besar telah memiliki layanan pembukaan rekening simpanan yang dapat diakses nasabah tanpa perlu ke kantor cabang.

Bisnis pun menghimpun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuka rekening online di beberapa bank besar, seperti Bank Mandiri, BCA, dan BNI. Berikut rinciannya:

1 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan rekening transformasi digital Digital Banking
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top