Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Langkah Membuat dan Menjual NFT untuk Pemula

Simak 6 langkah membuat hingga menjual NFT untuk pemula. Siap-siap cuan dari aset kripto!
Tampilan situs Opensea, marketplace yang menjual karya non-fungible token (NFT) terbesar di dunia/opensea.io
Tampilan situs Opensea, marketplace yang menjual karya non-fungible token (NFT) terbesar di dunia/opensea.io

Cara Jual NFT di OpenSea

4. Cetak NFT

Melalui pencetakkan ini, karya seni Anda akan diubah menjadi NFT yang dapat dijual. Pencetakan NFT adalah proses yang mengubah file digital menjadi aset digital blockchain. Tidak mungkin untuk mengubah, menghapus, atau mengedit aset digital yang terdaftar di blockchain.

Sejak Oktober 2021, platform NFT berhenti menagih kreator saat mencetak NFT pada saat pembuatan. Sebagai alternatifnya, NFT akan tercetak setelah pembelian.

Alih-alih menyimpan data di blockchain tepat setelah dibuat, NFT dicetak saat pembelian. Pembeli membayar biaya gas saat membeli barang.

Standar ERC-1155 yang digunakan untuk NFT, dibuat dengan Collection Manager di OpenSea, memungkinkan pengguna untuk menghindari biaya gas saat mencetak NFT. Berikut langkah mencetak NFT.

-Klik tombol ‘Create’ di menu atas
-Lengkapi isian dan simpan
-Klik ‘New Item’ dan berikan detail pada aset digital Anda
-Klik ‘Create’

Selamat! Anda telah berhasil membuat NFT dan dapat menjualnya di OpenSea. Anda dapat memilih token Ethereum mana yang akan diterima sebagai pembayaran.

Selanjutnya, Anda juga dapat memilih untuk menjual di lelang atau harga tetap. Halaman penjualan juga akan membiarkan Anda memutuskan biaya royalti. Meskipun mencetak NFT di OpenSea gratis, mendaftarkannya untuk dijual memerlukan biaya layanan sebesar 2,5 persen.

5. Dapatkan Ethereum untuk mendaftar NFT

Semua ini membutuhkan biaya yang hanya dapat dilakukan dalam mata uang kripto Ethereum (ETH). OpenSea akan meminta biaya gas untuk menginisialisasi NFT Anda. Siapkan ETH dalam dompet digital Anda.

6. Siapkan proses penjualan

Setelah membuat NFT, Anda masuk ke tahap akhir, yaitu mengatur proses penjualan. Pada proses ini, Anda dapat memilih untuk menjual secara lelang atau dengan harga tetap. Berikut langkahnya.

• Biaya tetap: Menetapkan harga tetap, yang akan dikirimkan berdasarkan siapa cepat dia dapat
• Lelang berjangka waktu: Aset akan menerima tawaran dalam jangka waktu yang ditentukan
• Lelang tidak terbatas: Tidak ada batas waktu. Sebagai gantinya, Anda dapat mengakhiri lelang kapan saja.

Berikut langkah menjual NFT Di OpenSea,
-Klik ikon akun (kanan atas) > My collections.
-Klik pada koleksi yang diinginkan.
-Tersedia opsi ‘Sale’ di kanan atas.Tentukan cara jual Anda. Jika menyiapkan lelang, Anda harus memutuskan harga minimum. Anda juga perlu mengatur royalti sehingga Anda dapat menerima pembayaran selamanya. Selanjutnya, tentukan berapa lama waktu lelang diadakan. Anda harus mempertimbangkan biaya saat menetapkan harga minimum. Jika Anda membuat harga terlalu rendah, Anda berisiko kehilangan uang dari penjualan.

Biaya yang diperlukan untuk mencetak atau menjual NFT seringkali mahal dan rumit. Mungkin juga ada komisi untuk penjualan dan biaya transaksi yang memungkinkan uang ditransfer dari dompet pembeli ke dompet Anda. Karena volatilitas harga mata uang kripto, biaya dapat berubah.

Untuk memastikan bahwa Anda tidak akan rugi dalam jual beli ini, perhatikan berapa biaya untuk mencetak dan menjualnya. Setelah Anda menyelesaikan proses ini, NFT Anda akan terdaftar, dan kolektor lain mungkin mulai membeli aset dari koleksi Anda. Jika aset Anda istimewa, Anda akan dapat menjual NFT Anda.

Selesai. Begitu lah proses pembuatan dan penjualan NFT di platform OpenSea. Selamat jual beli aset digital!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper