Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI: Penyaluran Kredit Baru Terindikasi Melambat pada Desember 2021

Bank Indonesia melaporkan penyaluran kredit baru perbankan pada Desember 2021 terindikasi melambat dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  15:06 WIB
Pengunjung mencari informasi mengenai kredit hunian dalam pameran Indonesia Properti Expo 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi mengenai kredit hunian dalam pameran Indonesia Properti Expo 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Penyaluran kredit baru perbankan pada Desember 2021 terindikasi melambat dibandingkan dengan periode pada November 2021.

Berdasarkan Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan, saldo bersih tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Desember 2021 tercatat sebesar 64,9 persen, lebih rendah dibandingkan dengan SBT November 2021 sebesar 81,7 persen.

“Berdasarkan kelompok bank, perlambatan pertumbuhan kredit baru pada Desember 2021 terindikasi terjadi pada kategori bank umum dan BPD [Bank Pembangunan Daerah],” tulis BI dalam laporannya, Selasa (18/1/2022).

Berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru melambat pada jenis kredit investasi dan kredit modal kerja.

Sementara, penyaluran kredit baru untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit konsumsi diperkirakan tumbuh lebih tinggi pada Desember 2021.

Adapun berdasarkan kategori lapangan usaha, penyaluran kredit baru pada periode tersebut diprioritaskan pada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, diikuti oleh industri pengolahan, serta pertanian, kehutanan, dan perikanan.

BI menjelaskan, faktor utama yang mempengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru pada Desember 2021 yaitu permintaan pembiayaan dari nasabah, serta prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan.

Kebijakan penyaluran kredit (lending standard) diperkirakan lebih ketat pada Desember 2021, terindikasi dari SBT perubahan lending standard Desember 2021 sebesar 4 persen, lebih tinggi dari 1,6 persen pada periode sebelumnya.

Pada Januari 2022, penyaluran kredit baru diperkirakan melambat, terindikasi dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru Januari 2022 sebesar 26,3 persen.

Perlambatan diperkirakan terjadi pada seluruh kategori bank dan seluruh jenis penggunaannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perbankan penyaluran kredit
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top