Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News BisnisIndonesia.id: BI Siap Naikkan GWM hingga RI Usul Badan Kesehatan Dunia Baru

BisnisIndonesia.id menyajikan informasi menarik sepanjang Kamis (20/01/2022) di antaranya BI siap menaikkan GWM sebagai sinyal awal normalisasi kebijakan moneter.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  09:16 WIB
Karyawan melintas di bawah logo Bank Indonesia di Jakarta./Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan melintas di bawah logo Bank Indonesia di Jakarta./Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia siap menaikkan giro wajib minimum sebagai sinyal awal normalisasi kebijakan moneter kendati tetap mempertahankan suku bunga acuan pada rekor terendah.

Berita itu menjadi salah satu dari lima berita pilihan BisnisIndonesia.id sepanjang Kamis (20/01/2022) selain sinyal praktik kartel atau persekongkolan mulai terendus di balik fenomena lonjakan harga minyak goreng di dalam negeri dalam beberapa bulan terakhir.

Ada pula informasi mengenai pemerintah memperhitungkan kebutuhan industri terhadap gula kristal rafinasi tahun ini mencapai 3,4 juta ton, tahun ini diprediksi menjadi momentum kebangkitan properti hijau, serta Indonesia mengusulkan pembentukan bnadan kesehatan dunia baru.

Selain itu, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji di meja redaksi BisnisIndonesia.id. Berikut ini adalah intisari dari setiap berita pilihan:

1. GWM Naik, Isyarat Awal Normalisasi Kebijakan BI

Bank Indonesia siap menaikkan giro wajib minimum sebagai sinyal awal normalisasi kebijakan moneter kendati tetap mempertahankan suku bunga acuan pada rekor terendah.

Rapat Dewan Gubernur BI yang berlangsung selama 2 hari hingga Kamis (20/1/2022) memutuskan akan menaikkan GWM secara bertahap mulai 1 Maret dari posisi saat ini 3,5%.

2. Bau Apak Dugaan Kartel di Balik Tantrum Harga Minyak Goreng

Sinyal praktik kartel mulai terendus di balik fenomena lonjakan harga minyak goreng di dalam negeri dalam beberapa bulan terakhir. Dugaan kartel itu terendus KPPU meski masih memerlukan penyelidikan lanjutan.

Analisis struktur pasar yang dilakukan KPPU menunjukkan bahwa sejumlah produsen minyak goreng memiliki pangsa yang mendominasi.

3. Menakar Keberimbangan Alokasi Gula Rafinasi 2022 Untuk Industri

Kemenperin memperhitungkan kebutuhan industri terhadap gula kristal rafinasi pada 2022 mencapai 3,4 juta ton atau naik 5% dibandingkan dengan tahun lalu. Proyeksi itu didasari taksiran kebutuhan industri makanan dan minuman tahun ini.

Pada 2022, kuota importasi gula mentah sebagai bahan baku GKR ditetapkan untuk satu tahun dari sebelumnya per semester.

Pekerja mengatur tumpukan gula rafinasi di satu pabrik di Makassar, Sulawesi Selatan./Bisnis

4. 2022, Momentum Properti Hijau di Asia Pasifik

Aset ramah lingkungan kemungkinan akan melihat permintaan yang meningkat dari investor, kata M&G, dalam laporan pandangan globalnya, menyoroti tren utama yang saat ini memengaruhi investasi properti global.

Menurut perusahaan pengelola investasi global termasuk aset real estat itu, fokus pada real estat hijau telah “terbang” di Asia Pasifik dan mendapatkan banyak momentum untuk tahun ini.

5. Di G20, RI akan Usulkan Pembentukan Badan Kesehatan Dunia Baru

Indonesia akan mengusulkan pembentukan badan kesehatan dunia yang lebih kuat dari WHO saat para pemimpin dunia bertemu dalam KTT G20. Presiden Joko Widodo mengatakan dunia memerlukan solusi permanen dalam menghadapi persoalan kesehatan yang tidak terduga.

Menurut Jokowi, krisis Covid-19 menunjukkan kerapuhan ketahanan kesehatan global. Semua pihak harus mengevaluasi kondisi saat ini. Kolaborasi saat ini seperti Covax Facility hanya solusi sesaat dan peran WHO belum mencakup banyak hal strategis

Selamat membaca!

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia bisnis properti gula rafinasi minyak goreng giro wajib minimum Covid-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top