Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bermodal QRIS, Bank Muamalat Incar 7.000 UMKM

Bank Muamalat menilai sebagai bank syariah yang modern dan adaptif terhadap era digital, implementasi metode pembayaran seperti QR Code sudah menjadi keharusan.
Karyawan melayani nasabah di Kantor Pusat Bank Muamalat, Jakarta, Senin (7/9/2020). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah di Kantor Pusat Bank Muamalat, Jakarta, Senin (7/9/2020). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. memperkenalkan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Acquirer untuk UMKM. Adapun jumlah merchant atau mitra yang akan diakuisisi pada tahun ini ditargetkan sebanyak 7.000

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan nasabah sebagai merchant bakal dibekali aplikasi Muamalat Merchant App (MMA) untuk mengelola transaksi pembayaran.

Dia melanjutkan bahwa sebagai bank syariah yang modern dan adaptif terhadap era digital, implementasi metode pembayaran seperti QR Code sudah menjadi keharusan.

Selain itu, penerapan layanan ini juga akan memberikan kemudahan bagi bank untuk memperluas kerja sama bisnis kemitraan baik dengan sesama lembaga jasa keuangan (LJK) maupun non-LJK.

“Kami yakin dengan adanya layanan QRIS Acquirer ini nasabah Bank Muamalat yang memiliki usaha, khususnya yang bergerak di sektor UMKM, dapat semakin mudah dalam mengelola transaksi pembayarannya," ujarnya Kamis (3/2/2022).

Permana menambahkan implementasi tersebut juga merupakan bentuk dukungan perseroan terhadap program pemerintah terkait akseptasi transaksi nontunai dan pembayaran digital di Tanah Air. 

Dia menjelaskan bahwa aplikasi MMA yang digunakan pemilik usaha memiliki keunggulan dari sisi fitur keamanan, yaitu proteksi refund transaksi dengan menggunakan Personal Identification Number (PIN). 

Fitur itu melindungi bisnis dari kecurangan oknum kasir yang mencoba melakukan pengembalian dana kepada pembayar tanpa sepengetahuan pemilik bisnis atau manager, sebab PIN tidak untuk dibagikan kepada kasir. 

Selain dapat digunakan di merchant, layanan QRIS Acquirer Bank Muamalat juga bisa untuk pembayaran donasi dan transaksi pembayaran di berbagai instansi, seperti sekolah, mesjid, lembaga donasi dan rumah sakit.

Nasabah yang ingin menjadi mitra atau merchant dapat mengajukan permohonan kepada Bank Muamalat melalui Cabang terdekat atau melalui e-form yang akan diluncurkan dalam waktu dekat dengan mengunjungi situs web www.bankmuamalat.co.id. 

Selanjutnya, perseroan akan melakukan validasi atas pengajuan tersebut. Merchant kemudian akan mendapatkan stiker QRIS yang bisa dipindai saat menerima pembayaran. Layanan QRIS Acquirer Bank Muamalat ini berlaku efektif mulai 3 Februari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper