Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Besar BMRI: Kami Lihat Tanda Pemulihan Ekonomi Sejak 2021

Sepanjang 2021 aset Bank Mandiri tumbuh sebesar 12,2 persen, yang didukung oleh penyaluran kredit Rp1.050 triliun atau naik 8,9 persen yoy.
Virtual Lobby Mandiri Investment Forum. /mandiriinvestmentforum.co.id
Virtual Lobby Mandiri Investment Forum. /mandiriinvestmentforum.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) optimistis pemulihan ekonomi akan terus berlanjut di 2022.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menuturkan bahwa permintaan domestik akan membaik dan pertumbuhan kredit juga akan semakin meningkat. Hal itu disampaikannya dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, Rabu (9/2/2022). 

“Kami telah melihat tanda-tanda perbaikan ekonomi sejak tahun 2021,” kata Darmawan, Rabu (9/2/2022).

Darmawan menyatakan, perseroan memberikan hasil yang kuat di sepanjang 2021. Secara rinci, dia menyampaikan aset Bank Mandiri mampu tumbuh sebesar 12,2 persen.

Lalu, pertumbuhan kredit secara konsolidasi tumbuh sebesar 8,9 persen yoy menjadi Rp1.050 triliun. Pertumbuhan ini, katanya, lebih tinggi dari pertumbuhan kredit nasional sektor perbankan sebesar 5,2 persen.

“Kami telah berhasil tumbuh secara meyakinkan dengan menjaga kualitas aset yang baik. Kami menjaga manajemen risiko secara hati-hati untuk menghindari kredit macet di tengah pandemi yang sedang berlangsung,” ujarnya.

Hingga akhir 2021, Bank Mandiri mampu mengelola non-performing loan (NPL) sebesar 2,72 persen.  Adapun, upaya perseroan untuk menavigasi krisis kesehatan dan ekonomi saat ini tercermin dari lintasan indikator laba perseroan. Di mana, Bank Mandiri mencetak laba bersih sebesar Rp19,5 triliun di 2021.

Darmawan menyampaikan, Bank Mandiri sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia selalu fokus dalam memberikan layanan prima di semua segmen dengan keunggulan perseroan di wholesale banking.

Selain itu, Bank Mandiri bekerja sama secara intensif dengan memperluas dan mengembangkan bisnis dengan anak perusahaan seperti Mandiri Tunas Finance, Mandiri Sekuritas, Mandiri Capital Investment, dan entitas lainnya.

“Kami percaya bahwa kolaborasi yang sangat baik dengan para pemangku kepentingan kami, khususnya pelanggan dan pemegang saham kami, adalah kunci untuk bertahan di tahun-tahun yang penuh tantangan saat ini. Bank Mandiri selalu berkomitmen untuk mendukung bisnis Anda dan tumbuh bersama di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Darmawan menekankan bahwa Bank Mandiri Group akan selalu berkontribusi dan mendukung peningkatan investasi di indonesia dengan menyediakan peluang yang semakin baik informasi yang lebih baik dan juga layanan keuangan yang terbaik bagi bisnis-bisnis nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper