Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Danamon (BDMN) Jajaki Peluang di Metaverse

Secara umum, Bank Danamon (BDMN) memiliki dua fokus strategi digital, yakni lebih dekat dengan pelanggan dan kolaborasi dengan berbagai platform.
Kantor Bank Danamon. /JIBI-Dwi Prasetya
Kantor Bank Danamon. /JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Danamon Tbk. (BDMN) menyatakan tengah mengkaji untuk masuk ke dunia metaverse. Perusahaan dengan sandi BDMN itu terbuka untuk masuk ke dunia virtual menyusul dua bank pelat merah, yakni BRI (BBRI) dan BNI (BBNI).

Direktur Danamon Naoki Mizoguchi mengatakan digital merupakan suatu keharusan bagi industri perbankan saat ini. Metaverse dinilai mampu memberikan pengalaman baru kepada nasabah dalam bertransaksi. 

"Kami sangat tertarik dengan teknologi ini. dengan membangun cabang virtual di masa depan, akan membawa pengalaman yang lebih menarik dan juga kenyamanan kepada pelanggan," kata Naoki dalam konferensi virtual, Rabu (17/2/2022). 

Naoki menambahkan perseroan masih mempelajari dunia metaverse untuk perbankan saat ini. 

Dalam pengembangan layanan digital, kata Naoki, Danamon memiliki dua strategi. Pertama, pengembangan layanan digital untuk omnichannel sehingga Danamon semakin dekat dengan pelanggan, di antaranya dengan mobile banking, internet banking, dan lain sebagainya. 

Kedua, kolaborasi dengan berbagai mitra seperti payment gateway, platform dagang-el, perusahaan teknologi finansial, dan lain sebagainya.  Danamon juga berfokus pada pengembangan fitur aplikasi digital. Danamon berencana menambah beberapa fitur lagi dalam aplikasi digital yang mereka miliki.  

Sebelumnya, Director of Finance Danamon Muljono Tjandra menjelaskan perseroan memiliki beberapa prioritas pada tahun ini. Salah satunya adalah meningkatkan Current Account Saving Account (CASA) melalui pendekatan digital dan institusional. 

Danamon juga akan berfokus dalam meningkat fee based income atau pendapatan bank di luar pendapatan dari bunga kredit, dengan menggenjot penjualan lebih dari satu macam produk (cross selling) kepada nasabah. 

“Danamon juga akan mengembangkan dengan berbagai mitra digital termasuk fintech untuk menyediakan penawaran digital yang beragam,” kata Muljono. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper