Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kredit Komersial dan UMKM BCA (BBCA) Capai Rp195,8 Triliun per Desember 2021

Sementara itu berdasarkan data Bank Indonesia, penyaluran kredit kepada UMKM pada Januari 2022 tumbuh sebesar 13,3 persen secara tahunan (year on year/yoy), meningkat dari bulan sebelumnya 12,3 persen yoy. 
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  14:55 WIB
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019).  - ANTARA/Sigid Kurniawan
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mencatat sepanjang 2021 kredit UMKM dan komersial tumbuh 4,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp195,8 triliun. 

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan perseroan berkomitmen mendukung berbagai kebijakan Pemerintah, Regulator dan Otoritas perbankan, salah satunya dalam memajukan dan menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia. 

“BCA juga telah memiliki program Bangga Lokal untuk mendukung UMKM mengembangkan bisnis, hingga kesempatan untuk mendapatkan pembiayaan modal kerja,” kata Hera kepada Bisnis, Jumat (25/2). 

Dia menuturkan hingga Desember 2021, terdapat 745 UMKM yang tergabung di program Bangga Lokal. 

BCA juga mempromosikan inklusi keuangan di segmen UMKM dengan terus memperluas penggunaan QRIS. Sebagai informasi, transaksi QRIS hingga Desember 2021 yang diproses melalui sistem BCA mencapai Rp5,4 Triliun, meningkat 891% YoY. 

Dia menuturkan ke depan BCA berkomitmen untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan senantiasa memberikan dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), termasuk berkolaborasi dengan fintech, dagang el dan perusahaan rintisan. 

Pada Desember 2021, BCA menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Modal Rakyat Indonesia sebagai penyelenggara fintech peer to peer lending Modal Rakyat. 

“Melalui kerja sama ini, BCA mengalokasikan limit kerja sama senilai Rp 20 miliar yang akan didistribusikan kepada UMKM yang sedang mengembangkan bisnis,” kata Hera.

Sementara itu berdasarkan data Bank Indonesia, penyaluran kredit kepada UMKM pada Januari 2022 tumbuh sebesar 13,3 persen secara tahunan (year on year/yoy), meningkat dari bulan sebelumnya 12,3 persen yoy. 

Tercatat pada periode tersebut, kredit untuk skala mikro mencapai Rp374,6 triliun, melesat 73,2 persen yoy. Lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni 61,9 persen yoy. 

Pertumbuhan juga terjadi pada segmen kredit untuk skala kecil. Total kredit untuk skala kecil yang disalurkan perbankan pada Januari 2022 sebesar Rp429,6 triliun, naik 6,3 persen secara tahunan, tetapi melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu 28,5 persen yoy. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca perbankan umkm kredit umkm
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top