Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas Kanal Pembayaran Iuran, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Agen BRILink

Melalui kerja sama tersebut, pembayaran iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan kini dapat dilakukan melalui agen BRILink.
Karyawati beraktivitas di salah satu kantor cabang BPJamsostek di Jakarta (24/1/2022). Bisnis/Suselo Jati
Karyawati beraktivitas di salah satu kantor cabang BPJamsostek di Jakarta (24/1/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA -- BPJS Ketenagakerjaan menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) untuk memperluas jaringan pelayanannya. Dengan kerja sama tersebut, kini pembayaran iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui agen BRILink.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin mengatakan, kemudahan dalam melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran menjadi kebutuhan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi, potensi peserta dari pekerja informal dan UKM sangat besar.

"Kalau lihat peserta kami dari 51 juta itu, 30,7 juta aktif membayar iuran tiap bulan. Yang paling banyak itu yang sisanya kalau kami lihat total pekerja itu adalah temen-temen di UKM dan informal atau BPU [bukan penerima upah]. Ini ceruknya luar biasa besar," ujar Zainudin dalam acara peluncuran kerja sama, Selasa (8/3/2022).

Kerja sama dengan agen BRILink yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia dinilai akan memudahkan layanan BPJS Ketenagakerjaan menjangkau pekerja informal dan UKM.

"Karena BRI seperti kita tahu bank yang memang sangat dekat dengan teman-teman UKM dan teman-teman informal. BRILink tersebar di seluruh Indonesia, termasuk ada di desa, di pasar," katanya.

Sejak softlaunching kerja sama hingga saat ini, BPJS Ketenagakerjaan mencatat pembayaran iuran melalui agen BRILink telah mencapai 1.172 transaksi untuk peserta bukan penerima upah (BPU) dengan nilai pembayaran Rp40 juta. Sedangkan untuk peserta penerima upah (PU) telah mencapai 23 transaksi dengan nilai pembayaran mencapai Rp20 juta.

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto menuturkan, dengan agen BRILink yang telah mencapai lebih dari 500.000, pihaknya siap membantu untuk menyukseskan perluasan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja formal maupun informal.

"Agen BRILink ini memang kepanjangan tangan dari BRI yang tentunya sudah cukup lama mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses layanan perbankan tanpa harus datang ke kantor BRI, sangat dekat sekali dengan masyarakat, di pemukiman, dan sebagainya," kata Agus.

Dia berharap ke depan transaksi pembayaran iuran melalui agen BRILink dapat terus meningkat.

Kerja sama ini, imbuh Agus, merupakan perluasan kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya dengan BPJS Ketenagakerjaan, seperti pendaftaran peserta baru, pembayaran iuran, dan pembayaran klaim melalui berbagai kanal layanan BRI.

"Ini tentu menambah fitur-fitur layanan kami sehingga diharapkan layanan BRI ke BPJS Ketenagakerjaan bisa semakin optimal ke depan. Dalam waktu dekat, kami akan juga membuka fitur layanan di mobile banking kami supaya tidak tertinggal dari bank lain. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan pembayaran BRI Mobile," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper