Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gadai Saham & Obligasi di Pegadaian, Solusi Tetap 'Cuan' Saat Butuh Dana Cepat

Dana pinjaman bisa digunakan investor untuk kebutuhan serba guna, untuk melakukan trading kembali, dan tak jarang beberapa nasabah Pegadaian memanfaatkan produk ini untuk kebutuhan modal kerja.
Petugas melayani nasabah di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas melayani nasabah di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan gadai pelat merah PT Pegadaian menjelaskan keuntungan para investor memanfaatkan produk Gadai Efek untuk mengoptimalkan rencana investasi.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Harianto Widodo menjelaskan bahwa pada prinsipnya layanan gadai memprioritaskan kebutuhan masyarakat akan kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh pinjaman, dengan berbagai aset yang dimiliki.

Dalam konteks produk Gadai Efek yang mengakomodasi kepemilikan saham dan obligasi ini, Pegadaian melihat peluang dari tingginya animo masyarakat menjadi investor pasar modal, sehingga produk ini memperluas keleluasaan masyarakat dalam memperoleh pinjaman lewat gadai.

"Harapannya dengan adanya gadai efek ini, masyarakat maupun institusi bisa menggunakan aset efeknya [sebagai jaminan] ketika membutuhkan dana bridging mendadak, tanpa harus melepas investasinya di instrumen tersebut," ujarnya dalam diskusi virtual bersama IDX Channel, Senin (21/3/2022).

Harianto mengungkap bahwa dana pinjaman bisa digunakan investor untuk kebutuhan serba guna, untuk melakukan trading kembali, dan tak jarang beberapa nasabah Pegadaian yang merupakan wirausaha memanfaatkan produk ini untuk kebutuhan modal kerja.

Namun, Pegadaian sampai saat ini hanya menerima kepemilikan saham-saham dalam indeks IDX80 dikurangi beberapa emiten dengan nilai haircut tertentu, sehingga saat ini sudah ada sekitar 63 emiten bisa digadaikan. Adapun, untuk efek surat utang, Pegadaian menerima kepemilikan segala surat utang negara (SUN), termasuk obligasi dan sukuk ritel.

"Harga efek itu berfluktuasi. Terkadang, investor masih mau menggenggam kepemilikannya untuk menunggu keuntungan, walaupun dirinya sedang butuh dana mendadak. Nah, produk ini bisa menjadi jalan keluar. Terlebih, ketika digadaikan, investor masih punya hak-hak sebagai pemilik efek, misalnya mendapat dividen atau kupon imbal hasil," tambahnya.

Produk ini memungkinkan investor ritel mendapatkan pinjaman sampai Rp5 miliar, sementara institusi sampai Rp20 miliar. Tingkat bunga 15 persen flat p.a., namun tetap terbuka untuk diskon atau cashback, dengan tenor 90 hari atau kelipatannya ketika investor mengajukan perpanjangan.

Saat ini Pegadaian telah bekerja sama dengan 9 sekuritas. Apabila nasabah sekuritas terkait mengajukan Gadai Efek, proses cairnya dijamin hanya 1-2 hari. Sementara itu, nasabah sekuritas lain juga masih bisa mengajukan Gadai Efek, namun dengan proses lebih lama di kisaran 24 jam.

"Ke depan, kami akan terus memperluas cakupan produk ini dari segala aspek. Salah satunya, dalam waktu dekat, Pegadaian akan menambah beberapa sekuritas untuk kerja sama, sehingga lebih banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan produk ini secara cepat dan mudah," tutupnya.

Terkini, Pegadaian mengungkap ada program khusus buat nasabah Gadai Efek yang memanfaatkan produk ini sebelum 31 Maret 2022. Nasabah berkesempatan mendapatkan cashback saldo e-wallet, headphone, iPad Mini, Macbook Air, atau sepeda motor Honda PCX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper