Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Data Lengkap Perbandingan Kinerja 10 Bank Menengah KBMI 3

Simak perbandingan kinerja kelompok bank dengan modal inti Rp14 triliun hingga Rp70 triliun atau Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 3 yang dihimpun DataIndonesia.id.
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang. Foto ilustrasi. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang. Foto ilustrasi. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Simak perbandingan kinerja kelompok bank dengan modal inti Rp14 triliun hingga Rp70 triliun atau Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 3 yang dihimpun DataIndonesia.id di sini.

Data yang diperbandingkan antarbank antara lain perbandingan laba bersih, perbandingan penyaluran bunga dan pendapatan bunga, perbandingan rasio NIM/NI, perbandingan jumlah kredit, perbandingan jumlah aset, perbandingan rasio ROA, perbandingan DPK, perbandingan liabilitas, perbandingan DSCR, perbandingan ekuitas, perbandingan ROE, CAR, serta suku bunga kredit.

Selengkapnya beserta visualisasi menariknya dapat disimak melalui tautan ini.

Tahun 2021 menjadi momentum bagi industri perbankan untuk mendongkrak kinerjanya, seiring peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat dan korporasi. Kinerja industri perbankan sepanjang tahun lalu pun terbilang cukup baik usai terdampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut pun dialami oleh bank dengan modal inti Rp14 triliun hingga Rp70 triliun atau masuk Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 3.

Sebagai contoh, menurut Statistik Perbankan Indonesia, bank umum KBMI 3 mampu mencatatkan penyaluran kredit sebesar Rp1.494,6 triliun pada tahun lalu. Total aset secara keseluruhan tercatat sebesar Rp2.478,93.

Dari sisi pendanaan, tercatat total dana pihak ketiga (DPK) bank umum KBMI 3 senilai Rp1.865,08 triliun.  Dari sisi laporan laba/rugi, pendapatan bunga bank umum KBMI 3 sebesar Rp208,88 triliun.

Sementara, laba bersih setelah pajak bank di kategori tersebut senilai Rp26,28 triliun. DataIndonesia.id pun melakukan pemeringkatan terhadap kinerja bank-bank yang tergabung dalam KBMI 3.

Hingga 22 Maret 2022, terdapat 10 dari 12 bank KBMI 3 yang telah merilis laporan keuangan kuartal IV/2021. Hanya PT Bank Pan Indonesia Tbk. (Panin Bank) dan PT Bank HSBC Indonesia yang belum mempublikasikan laporan keuangannya untuk periode tahun lalu. Alhasil, kedua bank tersebut tidak diikutsertakan dalam ulasan ini. 

DataIndonesia.id secara rutin menghimpun data kinerja perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Secara bertahap, rangkuman kinerjanya disajikan melalui subkanal Korporasi di Kanal Bursa & Keuangan DataIndonesia.id.

Selain itu, DataIndonesia.id juga menyajikan data kinerja perusahaan finansial seperti bank dan asuransi. Sebagian kinerja dibandingkan pula dengan kinerja perusahaan lain yang satu peer.

Simak sebagian laporannya antara lain sebagai berikut:

BTN Miliki Total Aset Terbesar di KBMI 3 pada 2021

BTN Menghimpun DPK Terbanyak di KBMI 3

Laba Bersih TPIA Melambung 196% pada 2021

Membaranya Kinerja Emiten Batu Bara

Laba Asuransi Samsung Tugu Melesat pada 2021

Membalik Rugi, PGAS Raup Untung US$303 Juta pada 2021

DPK Bank SulutGo Naik 14,71% pada 2021

Antam Raup Keuntungan Rp1,86 Triliun pada 2021

Mau IPO, GoTo Masih Rugi Rp11,58 triliun per Kuartal III/2021

BTN Salurkan Kredit Terbanyak di KBMI 3 pada 2021

PT PP Raih Untung Rp265,9 Miliar pada 2021

Laba Bersih Bank Mega Paling Unggul di KBMI 3

Laba Prudential Life Terkoreksi 32,94% pada 2021

PT Timah Berbalik Untung hingga 482% pada 2021

Kilau Emiten Sawit di Tengah Kenaikan CPO

Bank Permata Raih Performa Positif pada 2021

Laba Golden Energy Meroket hingga 270% pada 2021

Bank Jago Akhirnya Raih Laba Bersih pada 2021

Laba Indo Tambangraya Melesat 1.104% pada 2021

Bank DKI Raih Laba Bersih Rp727,36 Miliar pada 2021

Laba ADRO Meroket hingga 535%

Laba BRI Finance Meroket Lebih dari 800% pada 2021

Laba Japfa Comfeed Melonjak 120% pada 2021

Bank BJB Raup Laba Bersih Rp2 Triliun

Data Kinerja Provident Agro

Kinerja Bank QNB Indonesia

Laba Dharma Satya Nusantara Melejit

Kinerja Bank JTrust Indonesia

Data Pendapatan London Sumatera

Laba Astra Sedaya Melonjak

Melonjaknya Laba Bersih Bank Mega

Kinerja Salim Invomas

Laba Astra International Melonjak

Laba Bersih Maybank Indonesia Naik

Laba Astra Agro Lestari Naik

Kinerja Bank BTPN

Kinerja Bank Jatim yang Cemerlang

Kinerja Indosat dari Rugi Berbalik Untung

Simak pula data emiten dan bank serta perusahaan finansial lain seperti CIMB Niaga, XL Axiata, Bank Danamon, Mitra Adiperkasa, BFI Finance, Matahari (LPPF), Bank Mantap, Mitra International, Adira Finance, Fajar Surya Wisesa, Bank Aceh Syariah, Unilever, BCA Life, Alam Sutera, di sini.

Tersedia juga data emiten dan perusahaan keuangan seperti Pegadaian, Sido Muncul, BTN, Sentul City, BCA, SMDR, Bank Mandiri dan lain-lain di sini

DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita koran. Selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper