Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengawas IKNB OJK Kembali Diisi Oleh Eks Bankir Mandiri (BMRI)

Sebelumnya, kursi pengawas IKNB OJK diisi oleh Riswinandi, yang juga merupakan alumni Bank Mandiri.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 08 April 2022  |  13:24 WIB
Calon dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR, Jakarta.  - Antara Foto/Galih Pradipta
Calon dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR, Jakarta. - Antara Foto/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA — Alumni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. atau BMRI kembali duduk sebagai kepala eksekutif pengawasan industri keuangan non-bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagaimana diketahui Ogi Prastomiyono telah lolos uji kepatutan dan kelayakan dari DPR dan ditetakan sebagai anggota dewan komisioner OJK sekaligus pengawas IKNB kemarin, Kamis (7/4/2022).

Adapun Ogi memulai karir di Bank Ekspor Impor Indonesia atau Bank Exim pada 1986 sebagai loan officer di Divisi Kredit Perkebunan dan terakhir sebagai kepala divisi penelitian dan pengembangan.

Krisis moneter 1998 membuat Bank Exim dan empat bank lain dilebur menjadi Bank Mandiri pada 1999. Ogi ditunjuk menjadi kepala Grup Kepatuhan hingga 2001.

Selanjutnya dia menjabat sebagai kepala proyek Tim Kerja IPO Bank Mandiri pada 2003. Sukes menjadi kepala proyek, pada Desember 2003 Ogi ditunjuk sebagai direktur Bank Syariah Mandiri.

Selanjutnya pada 2005, dia mendapatkan mandat sebagai kepala Grup Kepatuhan di Bank Mandiri. Pada 2006 hingga 2007, ditunjuk sebagai kepala Grup Audit Internal. Pada Mei 2008, Ogi dipercaya menjadi Direktur Bank Mandiri bidang Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia. Jabatan terakhir di Bank Mandiri adalah direktur operasi.

Sebagai catatan, Ogi telah dua kali mengikuti seleksi dewan komisioner OJK. Pada kali pertama dia sampai pada tahap IV.

Pada tahun ini Ogi masuk ke dalam babak akhir, yaitu uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR. Dia pada awalnya masuk dalam daftar calon pengawas perbankan. Akan tetapi DPR memutuskan Ogi mengisi kursi pengawas IKNB.

Sebelumnya, kursi pengawas IKNB OJK diisi oleh Riswinandi, yang juga merupakan alumni Bank Mandiri. Dia berkarir di BMRI selama  11 tahun atau pada awal 2003 hingga 2015. Terakhir dia menjabat sebagai wakil direktur utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri OJK iknb dewan komisioner ojk
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top