Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pefindo Tegaskan Peringkat SMF idAAA

idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo. K
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 11 April 2022  |  10:13 WIB
Warga melintas di dekat logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) di Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Warga melintas di dekat logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) di Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA untuk PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). Peringkat tersebut juga ditegaskan untuk obligasi perseroan yang beredar.

Adapun, prospek untuk peringkat perusahaan adalah stabil. Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya, adalah superior.

Selain itu, Pefindo juga menegaskan peringkat idAAA(sy) untuk sukuk SMF yang beredar. Akhiran (sy) mengindikasikan bahwa peringkat mempersyaratkan pemenuhan prinsip syariah.

"Peringkat perusahaan mencerminkan dukungan yang sangat kuat dari Pemerintah Indonesia, kualitas aset yang sangat baik, dan profil permodalan dan likuiditas yang sangat kuat. Akan tetapi, peringkat tersebut dibatasi oleh pertumbuhan industri sekuritisasi KPR yang lambat," ujar Analis Pefindo Hasnalia Hanifah dan Kreshna Dwinanta Armand melalui siaran pers, dikutip Senin (11/4/2022).

Kedua analis mengatakan, peringkat dapat diturunkan apabila ada penurunan material dari dukungan pemerintah.

SMF merupakan BUMN yang membawa misi khusus untuk meningkatkan kepemilikan rumah di Indonesia dengan cara mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan dengan memberikan pembiayaan kepada penyalur KPR seperti bank dan perusahaan pembiayaan, dengan jaminan aset KPR yang telah dimiliki. SMF dimiliki secara penuh oleh Pemerintah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi pefindo smf
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top