Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perluas Pembiayaan Fintech, Danai.id Kolaborasi dengan BPR Ini

Platform peer-to-peer lending Danai.id resmi bekerja sama dengan PT BPR Bank Jombang menambah jaringan penyaluran dana khususnya untuk pembiayaan produktif.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 19 April 2022  |  05:20 WIB
Tampilan aplikasi Danai.id. (istimewa)
Tampilan aplikasi Danai.id. (istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA - Platform peer-to-peer lending Danai.id resmi bekerja sama dengan PT BPR Bank Jombang menambah jaringan penyaluran dana khususnya untuk pembiayaan produktif.

Co-founder dan CEO Danai.id, Azhar Abdul Wahab mengatakan kerja sama kedunya membuktikan bahwa fintech adalah pelengkap perbankan khususnya dalam mewujudkan akses pembiayaan yang inklusif.

“Kami mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh BPR Bank Jombang kepada kami. Manfaat kerja sama ini kami harapkan tidak hanya dirasakan oleh Danai.id dan BPR Bank Jombang dari sisi bisnis, namun terutama memberikan manfaat bagi dunia usaha mikro-kecil dan masyarakat yang belum memiliki akses pembiayaan ke perbankan di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi Selasa (19/4/2022).

Menurutnya kerja sama BPR dengan fintech semacam ini merupakan salah satu bentuk kontribusi riil industry. Hal ini juga sejalan dengan arahan OJK sebagai regulator untuk mendorong semua inisiatif pemberdayaan UMKM. Pasalnya, UMKM memegang peranan penting terhadap PDB dengan kontribusinya yang mencapai 61 persen dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Direktur Utama BPR Bank Jombang Afandi Nugroho, menyampaikan bahwa fintech yang semakin berkembang di Indonesia justru memberikan peluang kepada bank-bank terutama BPR untuk saling berkolaborasi dan bersinergi.

Hal itu, lanjutnya, sesuai arahan dari OJK yang mendorong BPR untuk dapat berkolaborasi dengan fintech. BPR membutuhkan teknologi yang dimiliki oleh fintech dan sebaliknya fintech membutuhkan sumberdaya yang dimiliki oleh BPR dalam bentuk mitigasi risiko maupun pendanaan.

Sebelumnya, 

Platform P2P Lending Danai.id menandatangani kesepakatan pendanaan pre-series a dengan Starland Axis Pte. Ltd. yaitu perusahaan digital finansial berbasis di Singapura.

Sebagai informasi, Starland Axis Pte. Ltd. merupakan anak perusahaan dari Luminor Financial Holdings Ltd. (LFHL) Singapura. LFHL adalah sebuah holding company yang tercatat di Singapore Exchange (SGX) dan memiliki lini bisnis di bidang keuangan digital yang saat ini telah beroperasi di Singapura dan Malaysia.

MOU antara keduanya merupakan tindak lanjut dari rencana Luminor Financial Holdings Ltd. dan beberapa investor lainnya untuk memperkuat permodalan Grup Adiwisista. Terutama dalam rangka pengembangan usaha Danai.id ke depan dalam bentuk pendanaan Pre-Series A.

Rencana kerja sama ini juga akan memberikan prospek bagi Danai.id untuk mengembangkan jejaring usahanya ke level regional.

Danai.id adalah platform fintech layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (LPMUBTI) yang telah memperoleh izin usaha dari OJK sejak 19 Agustus 2021. Danai.id menawarkan produk-produk pembiayaan produktif serta kredit konsumen seperti inventory financing, invoice financing dan employee benefit loan yang penyaluran dan pengelolaannya didukung oleh pemanfaatan teknologi digital yang komprehens

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura fintech P2P lending
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top