Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perlu Proteksi Kendaraan Saat Mudik? Simak Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Risiko mobil mogok, kecelakaan, dan tindak kejahatan dapat terjadi selama mudik dan libur Lebaran.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 01 Mei 2022  |  15:23 WIB
Ilustrasi.  - istimewa
Ilustrasi. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Selain memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, tak ada salahnya menyiapkan asuransi kendaraan ketika hendak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Risiko mobil mogok, kecelakaan, dan tindak kejahatan dapat terjadi selama perjalanan dan libur Lebaran. Oleh karena itu, kendaraan juga butuh asuransi untuk mengantisipasi hal-hal buruk selama mudik perjalanan.

Agar tidak salah pilih, perusahaan asuransi Allianz Indonesia memberikan sejumlah tips memilih asuransi kendaraan untuk mudik Lebaran tahun 2022.

Tips dalam memilih asuransi kendaraan:

1. Kenali perusahaan asuransi

Pastikan untuk menggunakan asuransi kendaraan dari perusahaan yang telah mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan. Pada 2022, data perusahaan asuransi yang mendapatkan izin OJK bisa dicek di website resmi OJK.

2. Mengetahui jenis-jenis asuransi kendaraan dengan informasi secara detail

Secara umum, asuransi kendaraan memberikan dua macam perlindungan untuk dipilih, yakni komprehensif atau all risk dan total loss only (TLO). Asuransi kendaraan all risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua kerusakan, mulai dari baret, penyok, kaca pecah, hingga kehilangan akibat pencurian. Semua kerusakan kecil dan besar ditanggung oleh asuransi kendaraan all risk. Tentunya, dengan banyaknya perlindungan yang diberikan, nominal premi yang dibayar juga lebih mahal.

Sementara itu, asuransi kendaraan TLO memiliki besaran premi yang lebih murah dibandingkan asuransi all risk. Namun, asuransi kendaraan TLO hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan berat dan kehilangan. Kerusakan berat yang dimaksud adalah kendaraan rusak parah akibat kecelakaan dan untuk perbaikan membutuhkan biaya di atas 75 persen dari harga kendaraan. 

“Sebelum membeli, para pemudik perlu memahami dengan baik jenis-jenis asuransi kendaraan. Selain perlindungan all risk dan total loss only, Allianz juga menyediakan layanan perluasan jaminan seperti risiko akibat kerusuhan, bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan lain-lain,” ujar Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia Alwin Jasim dikutip dari siaran pers, Minggu (1/5/2022).

“Dengan memahami jenis perlindungan, maka kegiatan berkendara jarak jauh ke kampung halaman pun akan terasa lebih menyenangkan karena pemudik telah terlindungi dengan aman,” imbuhnya.

3. Memahami perlindungan yang didapatkan

Setelah mengetahui jenis asuransi kendaraan, pahami juga macam-macam perlindungan yang didapatkan. Bacalah polis asuransi kendaraan yang akan digunakan dengan cermat dan seksama. Di setiap polis terdapat hal-hal apa saja yang dijamin atau diberikan perlindungan oleh perusahaan asuransi. Kamu boleh bertanya sepuasnya ke pihak asuransi jika terdapat hal-hal yang tidak dipahami. 

4. Membandingkan produk asuransi

Setiap produk asuransi kendaraan menawarkan perlindungan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhanmu, bandingkan masing-masing asuransi kendaraan. Beberapa hal yang perlu diperbandingkan adalah:

-Bengkel rekanan

Pastikan ada bengkel rekananan yang menjadi arah dan tujuan perjalanan mudik Lebaran. Selain itu, bengkel rekananan juga harus tersedia selama 24 jam, agar selalu siap saat dibutuhkan.

-Kemudahan klaim

Produk asuransi kendaraan yang baik adalah yang memberikan kemudahan klaim bagi nasabahnya. Apalagi, saat ini sudah era digital, layanan klaim sudah bisa dilakukan dari jarak jauh melalui sentuhan jari.

-Fitur layanan

Gunakan asuransi kendaraan yang memberikan berbagai fitur layanan penting seperti mobil derek, ambulan, dan layanan Emergency Road Assistance 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

allianz Mudik Lebaran asuransi kendaraan bermotor
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top