Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Obligasi Berkelanjutan dan Sukuk Mudharabah Pegadaian Kantongi Peringkat idAAA dan idAAA(sy)

Total penawaran Obligasi Berkelanjutan V Pegadaian Tahun 2022 sebesar-besarnya Rp12 triliun dan total penawaran Sukuk Mudharabah Berkelanjutan II Tahun 2022 sebesar-besarnya Rp3 triliun.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  12:15 WIB
Obligasi Berkelanjutan dan Sukuk Mudharabah Pegadaian Kantongi Peringkat idAAA dan idAAA(sy)
Karyawan melintas didekat logo PT Pengadaian (Persero) di Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Obligasi Berkelanjutan V Pegadaian Tahun 2022 dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan II Tahun 2022 yang diterbitkan PT Pegadaian mendapatkan peringkat masing-masing idAAA dan idAAA(sy) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Total penawaran Obligasi Berkelanjutan V Pegadaian Tahun 2022 sebesar-besarnya Rp12 triliun dan total penawaran Sukuk Mudharabah Berkelanjutan II Tahun 2022 sebesar-besarnya Rp3 triliun.

Pefindo menyatakan, obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo.

"Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya, adalah superior," ujar Analis Pefindo Danan Dito dan Hanif Pradipta melalui siaran pers, dikutip Selasa (10/5/2022).

Instrumen pendanaan syariah dengan peringkat idAAA(sy) juga merupakan instrumen dengan peringkat paling tinggi yang diberikan oleh Pefindo.

Kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas kontrak pendanaan syariah dibandingkan emiten Indonesia lainnya adalah superior.

Pada saat yang sama, Pefindo menegaskan peringkat idAAA untuk PT Pegadaian dan obligasi perusahaan yang masih beredar. Pefindo juga menegaskan peringkat idAAA(sy) untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahun 2020, dan peringkat idA1+ untuk Surat Berharga Komersial I Year 2021. Prospek untuk peringkat korporasi tersebut adalah stabil.

Efek utang jangka pendek dengan peringkat idA1+ adalah kategori peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen jangka pendek atas surat utang, relatif terhadap obligor-obligor Indonesia lainnya adalah superior.

"Peringkat tersebut mencerminkan fungsi strategis Pegadaian dalam holding Ultra Mikro dalam memberikan akses pembiayaan kepada segmen kecil dan menengah, posisi bisnis perusahaan yang superior di bisnis jasa usaha gadai, permodalan yang sangat kuat, dan posisi likuiditas dan fleksibilitas finansial yang sangat baik. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh eksposur terhadap volatilitas harga emas," kata kedua analis Pefindo.

Adapun, Pefindo menyatakan, peringkat dapat diturunkan apabila dukungan dari pemerintah mengalamai pelemahan yang signifikan, atau jika terjadi pemburukan kualitas aset dan profitabilitas secara signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi sukuk pefindo pegadaian
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top