Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NATO: Ukraina Akan Menangkan Perang dengan Rusia

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  07:04 WIB
NATO: Ukraina Akan Menangkan Perang dengan Rusia
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. - nato.int

Bisnis.com, JAKARTA — Sekjen Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan Ukraina bisa memenangkan perang melawan Rusia dan menyerukan lebih banyak dukungan militer selain mempercepat keanggotaan Finlandia dan Swedia pada aliansi pertahanan itu.

Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow,” kata Stoltenberg seperti dikutip Aljazeera.com, Senin (16/5/2022).

Sebuah penilaian oleh intelijen militer Inggris menemukan bahwa Rusia telah kehilangan sekitar sepertiga dari pasukan tempur darat yang dikerahkan pada Februari. Sedangkan serangan pasukan Rusia di wilayah Donbas dinilai gagal.

Serangan itu  disebut "sangat terlambat dan kian melemah" sehingga tidak mungkin membuat kemajuan pesat selama 30 hari mendatang.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa pasukan Rusia berada "di jalan buntu" dalam konflik dengan Ukraina.

Dalam pidato malamnya dia mengatakan pihaknya berhasil menahan serangan Rusia di timur dan pejabat militer Barat mengatakan setelah serangan yang diluncurkan Moskow ke Kyiv gagal, serangan ke wilayah Donbas juga melemah.

Zelenskyy mengatakan bahwa "waktunya pasti akan tiba ketika rakyat Ukraina sepenuhnya memaksa" Rusia untuk "menerima kenyataan."

Sebelumnya dilaporkan tentara Ukraina terus menguasai sekitar sepersepuluh wilayah timur Luhansk meskipun mendapat serangan berat dari Rusia, menurut gubernurnya.

Gubernur Serhiy Gaidai mengatakan kemarin bahwa Rusia belum dapat merebut pinggiran kota Rubizhne, Severodonetsk dan Lysychansk.

Moskow menyatakan pekan lalu bahwa separatis pro-Rusia telah maju ke perbatasan administratif Luhansk dengan bantuan tentara Rusia. Akan tetapi Gaidai mengatakan klaim itu hanya sebuah fantasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top