Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Cuma Rumah, Ini Deretan Instrumen yang Bisa Dipersiapkan sebagai Warisan

Mempersiapkan warisan sedari muda dapat memberikan jaminan finansial lebih besar kepada keluarga nantinya.
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Keinginan untuk menyiapkan warisan sebagai wujud kesiapan finansial sekaligus mencintai keluarga adalah impian bagi banyak orang, termasuk bagi generasi muda. Namun, seringkali seseorang masih ragu dalam mempersiapkannya karena belum mengenal berbagai pilihan instrumen warisan yang tepat.

Masih dalam momen spesial Hari Keluarga Internasional yang diperingati setiap tanggal 15 Mei, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengajak generasi muda untuk menyiapkan warisan sejak dini agar dapat mewujudkan rasa cinta untuk keluarga.

Berikut ragam instrumen warisan yang perlu diketahui, dikutip dari siaran pers, Rabu (18/5/2022):

1. Tabungan dan deposito

Tabungan dan deposito merupakan salah satu instrumen yang paling umum untuk mengumpulkan dana. Selain biasa digunakan sebagai simpanan dana darurat, tabungan dan deposito juga bisa dimanfaatkan sebagai instrumen warisan. Berbeda dengan tabungan yang bisa diambil sewaktu dibutuhkan, deposito hanya bisa diambil jika sudah jatuh tempo.

Jangka waktu deposito sangat bervariasi bisa dalam hitungan bulan atau tahun, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini, baik tabungan dan deposito sudah bisa dilakukan secara online dengan berbagai keuntungan. Risiko kerugian dengan mengumpulkan dana melalui tabungan dan deposito tergolong kecil jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti reksadana dan saham.

2. Emas

Emas juga menjadi salah satu instrumen investasi yang paling disukai untuk disiapkan sebagai warisan, di mana secara jangka panjang nilai emas cenderung selalu meningkat. Hal yang perlu diperhatikan bahwa emas memiliki selisih biaya beli dan jual, serta harus disimpan dengan baik agar keamanannya terjaga seperti menyewa safe deposit box di bank.

3. Properti

Properti memang memiliki potensi kenaikan harga di masa depan sehingga bisa menjadi investasi yang menjanjikan sebagai warisan. Hal yang penting diketahui adalah, jika memutuskan rumah untuk dijadikan warisan, maka akan ada biaya lain yang harus dialokasikan juga dalam pos rencana keuangan seperti biaya operasional air, listrik, kebersihan, keamanan dan biaya perawatan lainnya. Properti juga termasuk dalam harta tidak bergerak, sehingga biasanya lebih sulit untuk proses pencairan maupun pembagian dalam hal warisan.

4. Asuransi jiwa

Dengan memiliki asuransi jiwa, ahli waris akan menerima sejumlah uang yang disebut uang pertanggungan bila tertanggung atau nasabah tutup usia. Uang tersebut akan menjadi warisan bagi keluarga untuk melanjutkan hidup. Asuransi jiwa membantu nasabah menyiapkan warisan dalam waktu yang jauh lebih singkat serta mengeluarkan dana yang lebih sedikit untuk membayar premi.

Berbagai pilihan instrumen tersebut dapat menjadi pilihan generasi muda untuk bisa menyiapkan warisan. Karena bagaimanapun kesejahteraan keluarga adalah yang utama dan harapan setiap orang untuk dapat terus memberikan yang terbaik bagi keluarga.

“Di Astra Life, kami tidak menyebutnya asuransi, kami menyebutnya cinta. Untuk itu di momen Hari Keluarga Internasional ini, kami mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk bisa mempersiapkan warisan sejak dini sebagai bentuk cinta untuk keluarga, salah satunya adalah dengan memiliki asuransi jiwa sebagai instrumen warisan yang paling mudah dan terjangkau,” ujar Windy Riswantyo, VP, Head of Marketing & Branding and Digital Channel Astra Life.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper