Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Voting PKPU Garuda (GIAA): Ada PNBN, BBRI, BMRI, hingga BBRI Pemberi Utang Tanpa Agunan

Tiga bank pelat merah yakni Bank Mandiri (BMRI), Bank Negara Indonesia (BBNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BBRI) tercatat sebagai kreditur konkruen dari kelompok bank pengucur utang terbesar ke Garuda Indonesia (GIAA). Sedangkan dari bank swasta, ada nama Bank Panin (PNBN) dengan utang yang diberikan tanpa jaminan sebesar Rp1,7 triliun
Garuda Indonesia Bermasker /Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Bermasker /Garuda Indonesia

BBRIBisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) tengah melakukan pemungutan suara (voting) dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada hari ini, Jumat (17/6/2022).

Terdapat 501 kreditur yang akan menentukan nasib maskapai pelat merah ini ke depan. Tetap mengudara atau berakhir pailit. 

Dalam keterangan resmi sebelumnya, Direktur Utama GIAA Irfan Setiaputra menjelaskan agenda sidang pengumuman hasil PKPU, akan tetap berlangsung pada tanggal 20 Juni 2022.

"Kami meyakini  tahapan PKPU yang telah berlangsung dengan kondusif dan konstruktif sejauh ini, tentunya tidak dapat tercapai tanpa adanya dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan," kata Irfan.

Berdasarkan data yang dirilis Tim Pengurus PKPU Garuda, GIAA memiliki total utang Rp142,42 triliun. Jumlah kreditur yang memberikan utang jumbo itu mencapai 501  entitas. 

Perinciannya, dari daftar piutang tetap ada 123 lessor sebesar Rp 104,37 triliun. Kreditur non preferen sebanyak 23 entitas senilai Rp3,95 triliun dan 300 kreditur non-lessor sebesar Rp34,09 triliun.


Dari utang jumbo itu terdapat sejumlah bank yang turut serta mengucurkan pinjaman ke GIAA.  Berikut daftar pemberi utang konkruen yang diakui pengurus PKPU Garuda Indonesia:

Bank Pengucur Kredit Tanpa Agunan (KTA) ke Garuda Indonesia (GIAA)

NoBankSifat TagihanNilai

1

Bank of China (Hongkong) Limited Cabang JakartaKonkruenRp218,3 Miliar
2PT Bank IBC IndonesiaKonkruenRp233,37 Miliar
3
PT Bank Pan Indonesia (Bank Panin/PNBN)
KonkruenRp1,78 Triliun
4PT Bank PermataKonkruenRp721,36 Miliar
5Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank)KonkruenRp994,4 Miliar
6PT Bank Mandiri (persero) Tbk. (BMRI)KonkruenRp4,37 Triliun
7PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. (BBNI)KonkruenRp2,38 Triliun
8PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk.(BBRI)KonkruenRp4,61 Triliun

 Sumber: DPT PKPU Garuda

Utang konkruen adalah daftar utang yang tidak memiliki jaminan. Dalam pelunasan piutang perkara PKPU ataupun kepailitan, kreditur konkuren mendapatkan pelunasan yang paling terakhir setelah kreditur preferen dan kreditur separatis terlunasi piutangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper