Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Bank Terbesar di Dunia, Ada dari Indonesia?

Total aset bank terbesar di dunia saat ini mencapai US$5.880 miliar atau Rp87.882 triliun. 
Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) merupakan bank terbesar dari segi aset saat ini menurut survei yang dilakukan FXSSI.
Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) merupakan bank terbesar dari segi aset saat ini menurut survei yang dilakukan FXSSI.

5. JPMorgan Chase

Tak mau kalah, JPMorgan Chase juga menempati bank terbesar dengan total aset mencapai US$3,841 miliar. Adapun, kapitalisasi pasar yang dimiliki mencapai lebih dari US$496 miliar, yang juga menjadikannya salah satu perusahaan termahal di dunia.

JPMorgan Chase adalah salah satu bank AS paling terkemuka dan populer dan hari ini menempati posisi kelima dalam daftar bank terbesar kami di dunia,” ungkapnya. 

Bank asal AS ini didirikan pada 2000 sebagai hasil penggabungan beberapa bank besar. JPMorgan Chase HQ berlokasi di Manhattan, New York City. Kini, menjadi bank investasi terbesar di dunia. 

6. Bank of America (BoA)

Di posisi selanjutnya, Bank of America merupakan bank terbesar kedua di AS yang berkantor pusat di Charlotte City, North Carolina, AS. Bank ini memiliki berbagai layanan keuangan di seluruh negeri dan luar negeri. 

Menurut data terakhir, total aset BoA mencapai sebesar US$3,238 miliar dan kapitalisasi pasarnya sekitar US$387 miliar.

7. Mitsubishi UFJ Financial Group

Perusahaan induk Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Group tercatat memiliki total aset mencapai US$3,079 miliar. Dari aset tersebut, itu menjadikan Mitsubishi UFJ Financial Group sebagai salah satu bank terbaik di Jepang.

Jaringan departemen MUFG yang tersebar di seluruh dunia memungkinkan MUFG untuk tampil di 50 negara berbeda,” tambahnya. 

Mitsubishi UFJ Financial Group didirikan pada 2005 oleh penggabungan dua bank terbesar di Jepang, dan kantor pusatnya terletak di Kota Osaka.

MUFG tercatat memiliki sejumlah aset di Indonesia. Perusahaan finansial raksasa asal Jepang ini memiliki 92,47 persen saham Bank Danamon (BDMN). Terbaru, MUFG tengah menjajaki kesepakatan untuk mengakuisisi saham  PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN).  

8. HSBC Holdings plc.

Bank terbesar lainnya datang dari negara Inggris, yakni HSBC Holdings plc. Bank ini menempati posisi bank terbesar kedelapan dan merupakan salah satu bank terbesar di Eropa dengan total kekayaan aset mencapai US$3,022 miliar. 

Awalnya, tujuan didirikannya bank ini adalah untuk melakukan pertukaran antara Eropa dan China, dan itu masih tetap krusial. 

Selain itu, HCBS juga memiliki lebih dari 10 anak perusahaan, yang melakukan semua kemungkinan operasi di dalam sektor ini. 

9. BNP Paribas

Di posisi kesembilan ditempati oleh bank asal Prancis dengan total aset mencapai US$2,994 miliar. Untuk saat ini, kapitalisasi pasar yang dimilikinya hanya sedikit di atas US$86 miliar.

BNP Paribas didirikan pada 1999, dan sekarang berada di puncak peringkat keuangan, perbankan, dan asuransi. Saat ini, perusahaan memiliki perwakilan di seluruh dunia, dan kantor pusatnya berlokasi di Jenewa, Paris, dan London.

10. Crédit Agricole

Bank terbesar dengan aset tertinggi di urutan kesepuluh, yakni Crédit Agricole. Bank dari negara Eropa ini tercatat memiliki total aset sebesar US$2,367 miliar.

FXSSI melaporkan bahwa Crédit Agricole adalah salah satu bank terbesar di Prancis, yang berhasil mengendalikan sebagian besar sektor perbankan di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper