Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI (BBRI) Kantongi Penghargaan Bank BUMN Terbaik dari Bisnis Indonesia Award 2022

Penghargaan itu tidak lepas dari kemampuan BRI menjaga pertumbuhan laba di tengah krisis pandemi Covid-19.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  15:17 WIB
BRI (BBRI) Kantongi Penghargaan Bank BUMN Terbaik dari Bisnis Indonesia Award 2022
Nasabah berada didekat logo bank BRI di Jakarta. Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BBRI dinobatkan sebagai Bank Persero Buku 4 Terbaik dalam ajang Bisnis Indonesia Award atau BIA 2022.

BRI unggul atas kandidat lainnya untuk kategori Bank BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Keberhasilan BRI dalam memboyong penghargaan bergengsi tersebut tidak terlepas dari kinerja positif yang dibukukan BRI.

Diketahui, BRI dan entitas anak berhasil membukukan laba bersih tahun berjalan secara konsolidasian sebesar Rp24,87 triliun sampai dengan 30 Juni 2022. Laba BRI melesat 98 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp12,53 triliun.

Adapun, pertumbuhan laba ditopang oleh kenaikan pendapatan bunga yang menjadi sebesar Rp76,86 triliun. Pendapatan ini tumbuh 10 persen (yoy) dari Rp69,95 triliun pada posisi Juni 2021. Sementara itu, beban bunga menyusut 18 persen (yoy), dari Rp14,98 triliun menjadi Rp12,24 triliun.

Alhasil, pendapatan bunga bersih atau net interest income (NII) dari emiten bank berkode saham BBRI ini meningkat 18 persen menjadi Rp64,61 triliun secara konsolidasian.  

Secara konsolidasi, BBRI mencatat kredit yang diberikan naik 6 persen sepanjang tahun berjalan (year-to-date/ytd). Kredit yang diberikan naik dari Rp994,41 triliun per 31 Desember 2021 menjadi Rp1.051 triliun pada posisi 30 Juni 2022.

Dalam pemaparan kinerja perusahaan, Direktur Utama Sunarso mengatakan pencapaian tersebut tak lepas dari kemampuan BRI dalam melakukan strategic response yang tepat guna menyikapi kebijakan dari pemerintah dan regulator dalam rangka merespons tantangan yang datang dari situasi perekonomian baik domestik maupun global.

Sunarso menambahkan bahwa respons strategis yang diterapkan oleh emiten bank berkode saham BBRI ini membuat penyaluran kredit dan penghimpunan dana masyarakat dapat tumbuh positif secara berkelanjutan.

Dari sisi pembiayaan, Sunarso menuturkan BRI Group menyalurkan kredit sebesar Rp1.104,79 triliun atau tumbuh 8,75 persen (yoy). Penyaluran kredit kepada seluruh segmen pinjaman tercatat tumbuh positif, dengan penopang utama yakni segmen mikro yang tumbuh 15,07 persen.

Sementara itu, kredit di segmen konsumer tumbuh 5,27 persen, segmen korporasi tumbuh 3,76 persen serta segmen kecil dan menengah tumbuh 2,71 persen.

Adapun, portofolio kredit UMKM perseroan tumbuh 9,81 persen menjadi Rp920 triliun pada akhir Juni 2022.

“Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus merangkak naik, menjadi sebesar 83,27 persen,” kata Sunarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis Indonesia Award bri perbankan BUMN
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top