Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BGTC 2022 Digelar di ITB, Pangkas Keraguan Milenial Bandung Terhadap Digital

Bisnis Indonesia Goes to Campus (BGTC) untuk membantu meningkatkan literasi keuangan termasuk di ranah digital.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  11:39 WIB
BGTC 2022 Digelar di ITB, Pangkas Keraguan Milenial Bandung Terhadap Digital
Bisnis Indonesia Goes to Campus 2022. - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keraguan masyarakat terhadap layanan keuangan digital menjadi salah satu tantangan di era teknologi saat ini ini.

Melalui program Bisnis Indonesia Goes to Campus (BGTC), Bisnis Indonesia group bersama sejumlah pemangku kepentingan memiliki misi untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap digital, termasuk keuangan digital.

BGTC 2022 yang rencananya digelar di 7 kota, menjadikan kota Bandung sebagai kota pertama hadirnya BGTC 2022.

Sejumlah narasumber akan mengupas mengenai literasi keuangan dan digital kepada generasi milenial dan generasi Z di Institut Terknologi Bandung (ITB) hari ini, Selasa (30/8/2022), guna meningkatkan literasi masyarakat melalui lingkungan kampus.

Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin mengatakan lingkungan kampus dipilih sebagai pintu masuk pendidikan digital dengan harapan agar para mahasiswa menjadi penebar benih-benih inklusi dan literasi kepada masyarakat.

Berangkat dari kegelisahan mengenai literasi digital di Indonesia yang tergolong masih rendah, kata Maria, BGTC hadir di tengah masyarakat. Pengetahuan mengenai digital sangat penting, mengingat saat ini Indonesia dalam lompatan transformasi digital yang sangat massif.

Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informatika, indeks literasi digital Indonesia peringkat 56 dari 63 negara.

“Harapannya BGTC 2022 akan meningkatkan indeks literasi digital di Indonesia, sehingga kita mampu menangkap momentum pertumbuhan ekonomi pada era digital,” kata Maria.

Maria juga menambahkan tema digital dipilih karena teknologi adalah kunci utama dalam pemulihan ekonomi nasional setelah dilanda pandemi. Ekonomi digital Indonesia memiliki potensi luar biasa, disokong oleh kalangan milenial dan generasi Z yang telah memasuki usia produktif.

Ekonomi digital di Indonesia tercatat paling tinggi di Asia Tenggara pada 2021, yakni sekitar US$70 miliar. Pada 2025 ekonomi digital diperkirakan mampu mencapai US$146 miliar.

Sejauh ini, ekonomi digital telah berperan besar dalam melahirkan lebih banyak usaha dalam bidang keuangan hingga kesehatan. Menurut laporan Startup Ranking, jumlah startup Indonesia sebanyak lebih dari 2.300 perusahaan pada 2022, kelima terbesar di dunia.

Untuk diketahui, (ITB) menjadi kampus pertama yang akan digelar BGTC 2022. Program literasi keuangan ini rencananya juga akan hadir di sejumlah kota seperti Bogor, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru, Makassar dan ditutup di Samarinda pada September 2022.

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah memberikan sambutan pembuka pada acara ini. Adapun Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmodjo dan Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi menjadi pembicara utama dalam kesempatan ini.

Pada kegiatan perdana BGTC tersebut, Bisnis Indonesia akan menggelar sebuah talkshow bertema Digitalisasi Sektor Keuangan. Head of Digital Vertical Ecosystem Agriculture an Community Telkom Indonesia Hikmatullah Insan Purnama, Direktur Eksekutif pada Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto, dan Direktur Utama Bank Raya Kaspar Situmorang sebagai narasumber.

Hadir juga CEO No Limit Aqsath Rasyid sebagai pembicara pada Inspiration Talk. Acara ditutup dengan Kelas Jurnalistik oleh Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Rahayuningsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis indonesia goes to campus (BGTC)
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top