Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 7 Bank yang Layani QRIS di Thailand, BCA (BBCA) hingga BSI (BRIS)

Saat ini terdapat 7 bank yang dapat melayani transaksi QRIS di Thailand. Mulai dari BCA (BBCA) hingga BSI (BRIS).
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 02 September 2022  |  14:04 WIB
Daftar 7 Bank yang Layani QRIS di Thailand, BCA (BBCA) hingga BSI (BRIS)
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia menyampaikan bahwa saat ini terdapat 8 penyedia jasa pembayaran (PJP) yang dapat melayani transaksi Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS di Thailand. Dari jumlah itu sebanyak 7 PJP berasal dari perbankan.

Kemudahan ini dapat dinikmati setelah Bank Indonesia dan Bank of Thailand resmi mengimplementasikan kerja sama pembayaran QR Code lintas negara. Hal itu bertujuan meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi.

Melalui inisiatif tersebut, warga Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang terdapat pada gawai dengan memindai Thai QR Codes dan QRIS dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta menjelaskan bahwa saat melakukan transaksi, kurs akan langsung terkonversi secara otomatis sehingga pengguna Indonesia langsung mendebit uangnya dalam rupiah. Sementara itu, merchant Thailand menerima pembayaran dalam baht.

Berikut daftar 7 bank yang layani pembayaran QRIS di Thailand

  1. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA)

BCA merupakan salah satu penyedia jasa pembayaran (PJP) dalam kerja sama pembayaran QRIS lintas negara atau cross-border QR payment linkage antara Indonesia dan Thailand. Fasilitas tersebut kini sudah dapat digunakan di BCA Mobile.

“Mulai hari ini, fitur QRIS cross border Indonesia – Thailand telah tersedia di BCA mobile versi terbaru 2.9.5 dan dapat digunakan oleh nasabah dalam transaksi finansialnya,” ujar Executive Vice President Secretariat Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, Senin (29/8/2022).

Menurutnya, BCA sebagai perbankan nasional terus mendukung kebijakan regulator dalam upaya mendorong digitalisasi di kancah global melalui penerapan QRIS.

  1. PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS)

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan perseroan mendukung langkah pemerintah dan regulator dalam mengakselerasi ekonomi digital, sekaligus memperkuat digitalisasi sistem pembayaran lintas negara atau cross border di Asia Tenggara.

Salah satunya melalui perluasan akseptasi QRIS BSI di aplikasi BSI Mobile. Menurutnya, emiten bank dengan ticker BRIS tersebut akan terus berinovasi dan melakukan terobosan guna meningkatkan layanan digital melalui BSI Mobile.

  1. PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA)

CIMB Niaga juga menjadi salah satu bank yang melayani transaksi pembayaran QRIS di Thailand. Adapun fasilitas tersebut dapat diakses melalui aplikasi OCTO Mobile milik emiten bank bersandi saham BNGA tersebut.

Adapun, sejak pertengahan tahun lalu, CIMB Thai Bank Public Company Limited (CIMB Thai) dan CIMB Niaga telah mengumumkan kerja sama penyelenggaraan layanan pembayaran berbasis QR Code antara Thailand dan Indonesia.

  1. PT Bank Sinarmas Tbk. (BSIM)

Bank Sinarmas diketahui memiliki aplikasi mobile bertajuk SimobiPlus, layanan internet banking perseroan versi mobile. Aplikasi ini dikembangkan untuk nasabah Bank Sinarmas melakukan transaksi perbankan dengan mudah melalui smartphone berbasis Android dan iOS.

SimobiPlus kini hadir dengan tampilan baru untuk transaksi yang lebih mudah. Mulai dari top up pulsa, bayar tagihan, transfer Valas ke sesama Bank Sinarmas, beli Polis Smart Investa Link (IDR) dan Simas Investa Link (USD) hanya lewat aplikasi.

  1. PT Bank Mega Tbk. (MEGA)

Bank milik Chairul Tanjung ini juga menjadi salah satu bank yang dapat melayani transaksi QRIS di Thailand. Bank Mega tercatat memiliki aplikasi mobile banking bernama M-Smile.

Dikutip dari laman resminya, M-Smile adalah sebuah terobosan dari perseroan untuk memudahkan aktivitas perbankan hanya dengan menggunakan ponsel pintar.

Sederet layanan yang tersedia, antara lain produk simpanan, kartu kredit dan uang elektronik, tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank Mega, transaksi QR di merchant, dan informasi promo.

  1. PT Bank Permata Tbk. (BNLI)

Bank Permata juga menghadirkan inovasi teknologi untuk permudah transaksi di Thailand melalui QRIS atau QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X. 

Direktur Utama PermataBank Meliza M. Rusli mengatakan dengan hadirnya sistem pembayaran terbaru ini, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, serta dalam jaringan yang lebih luas dan tak terbatas pada satu negara. 

Selain itu, PermataBank juga ingin mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi transaksi lintas negara di Asia Tenggara melalui QR Pay Cross-Border.

  1. PT Bank Pembangunan Daerah Bali

BPD Bali untuk saat ini merupakan satu-satunya bank daerah yang melayani transaksi QRIS di Thailand. Dikutip dari laman resminya, BPD Bali memiliki layanan mobile banking yang memberikan layanan transaksi secara waktu nyata atau real time. Aplikasi tersebut dapat diunduh baik melalui playstore maupun appstore. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

QRIS Bank Indonesia bca Bank Syariah Indonesia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top