Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI (BBRI) Catat Transaksi AgenBRILink Rp855 Triliun per Agustus 2022

BRI terus memperluas akses layanan keuangan ke daerah-daerah melalui AgenBRILink. Begini kinerja terbaru.
Warga melakukan transaksi di salah satu gerai BRILink di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/1/2021). Bisnis/Suselo Jati
Warga melakukan transaksi di salah satu gerai BRILink di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/1/2021). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI (BBRI) terus memperluas akses layanan keuangan ke daerah-daerah melalui AgenBRILink. Layanan branchless banking ini telah mencatatkan nilai transaksi Rp855 triliun hingga Agustus 2022.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan AgenBRILink menjadi wujud inisiatif perseroan dalam menghadirkan layanan yang dekat dengan masyarakat. Dengan demikian, keterbatasan akses layanan keuangan di masyarakat dapat terkikis.

“Kehadiran AgenBRILink selaras dengan isu prioritas Presidensi G20 untuk mempercepat peningkatan inklusi keuangan. Upaya BRI ditunjukkan salah satunya melalui layanan keuangan di daerah-daerah 3T [terdepan, terpencil, tertinggal],” ujarnya Senin (17/10/2022).

Emiten berkode saham BBRI ini mencatat bahwa AgenBRILink telah membantu masyarakat untuk memproses 709 juta transaksi atau meningkat 106 persen year-on-year (yoy) pada periode Januari-Agustus 2022.

Di sisi lain, AgenBRILink juga memberikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Sharing economy atau fee yang diterima AgenBRILink di seluruh Indonesia pada periode Januari – Agustus 2022 diestimasikan mencapai Rp1,8 triliun – Rp2,7 triliun.

Agen Laku Pandai milik BRI ini juga menjadi satu sumber pertumbuhan bisnis yang berkinerja impresif. Perseroan berhasil mengumpulkan dana murah (current account saving account/CASA) lewat AgenBRILink sebesar Rp 18,95 triliun hingga Agustus 2022 atau tumbuh 112 persen yoy.

Lebih lanjut, Sunarso menyebutkan bahwa perseroan telah menyiapkan strategi dalam menumbuhkembangkan kinerja AgenBRILink ke depan. Hal tersebut tertuang dalam strategi BRILink 2.0 dengan peningkatan fokus pada aspek produktivitas.

Caranya melalui pemberdayaan komunitas agen, mendorong agen tidak hanya sebagai toko semata tetapi juga logistik dan remitansi, serta menjadikan AgenBRILink sebagai pendukung integrasi ultramikro, serta mendorong cross selling produk.

Akses layanan keuangan yang mudah merupakan salah satu isu prioritas dalam Trade Investment & Industry Working Group (TIIWG) Road to G20: SOE International Conference yang digelar di Bali pada 17 – 18 Oktober 2022.

Acara ini bertujuan membangun pemahaman, kepercayaan, dan dukungan kepada transformasi serta mendorong peran BUMN dalam pemulihan dan pertumbuhan ekonomi global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper