Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan 7 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Apa Saja?

Perusahaan merupakan salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia. Berikut ini sejumlah nama perusahaan terbesar di Indonesia.
Deretan Perusahaan Terbesar di Indonesia, Apa Saja_ (instagram.com_goodlifebca_)
Deretan Perusahaan Terbesar di Indonesia, Apa Saja_ (instagram.com_goodlifebca_)

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan dari perusahaan bisa dinilai dari kapasitas pasar perusahaan tersebut. Kapitalisasi pasar menjadi salah satu tolak ukur untuk penilaian perusahaan terbesar di Indonesia. 

Kapitalisasi pasar ini bisa mencerminkan besarnya perusahaan tersebut.Semakin besar kapitalisasi pasar di suatu perusahaan maka akan semakin besar pengaruh dari saham terhadap perubahan IHSG.

Nilai kapitalisasi pasar yang tinggi ini juga menunjukkan bahwa semakin banyak investor di perusahaan tersebut. Lantas, perusahaan apa saja yang masuk dalam daftar perusahaan terbesar di Indonesia? Ini daftarnya khusus untuk Anda. 

Perusahaan Terkenal di Indonesia

1. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)

Di posisi pertama ada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau yang dikenal juga dengan nama BCA yang menjadi perusahaan terbesar yang ada di Indonesia berdasarkan nilai kapitalisasi pasar. 

Perusahaan yang didirikan pada 1955 ini, awalnya memiliki nama NV perseroan dagang dan industri Semarang. Kemudian di tahun 1957 berganti nama jadi Central Bank Asia. 

Persentase kepemilikan saham terbesar di pegang oleh PT Dwimuria Investama Andalan sebesar 54,94% dan sebanyak 45,06% dipegang oleh masyarakat.

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

Pada posisi kedua ada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) atau yang dikenal juga dengan BRI. Bank ini merupakan perusahaan terbesar kedua di Indonesia dengan kapitalisasi mencapai 699,20 triliun. Nilai tersebut diperoleh per Maret 2022. 

Bank BRI merupakan perusahaan milik pemerintah yang didirikan tahun 1895 di Purwokerto Jawa Tengah. Saham sebesar 56,75% dari BRI ini dipegang oleh pemerintah dan sisanya dipegang oleh masyarakat.

3. PT Telkom Indonesia Tbk

Posisi selanjutnya, ada PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang berhasil jadi perusahaan besar di Indonesia dengan nilai kapitalisasi 453,7 triliun. PT Telkom termasuk Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi atau TIK dan jaringan Telekomunikasi Indonesia. 

4. PT Bank Mandiri Tbk

Posisi keempat yaitu ada perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang memiliki 364,908 triliun 2022. Kepemilikan saham dari Bank Mandiri ini terdiri dari pemerintah Republik Indonesia sebagai pemegang saham utama 60%, sebesar 7,01% kepemilikan lokal, serta sisanya kepemilikan asing.

5. PT Astra International Tbk

Pada posisi kelima ada PT Astra International Tbk (ASII) dengan nilai kapitalisasi per Maret 2002 mencapai 266,17 triliun. Perusahaan PT Astra International Tbk ini sudah berdiri sejak tahun 1957. 

Perusahaan terkenal di Indonesia ini bergerak di berbagai bidang seperti bidang otomotif, alat berat, jasa keuangan, konstruksi dan energi, pertambangan, infrastruktur dan logistik, agribisnis, serta teknologi informasi dan properti.

6. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

Pada posisi keenam ada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dengan nilai kapitalisasi pasar per Maret 2022 ada di 218,44 triliun. Perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha industri pengolahan Petrokimia ini merupakan perusahaan yang berhasil masuk ke dalam jajaran perusahaan terkenal dan  terbesar di Indonesia. 

7. PT Bank Jago Tbk

Pada posisi ketujuh ada PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang juga berhasil masuk ke dalam jajaran perusahaan terbesar yang ada di Indonesia berdasarkan nilai kapitalisasi. Perusahaan ini sebelumnya dikenal dengan nama PT Bank Artos Indonesia Tbk dan kini berganti nama menjadi PT Bank Jago Tbk. Perusahaan ternama ini bergerak di bidang perbankan digital.

Itulah sejumlah nama perusahaan terbesar di Indonesia. Tanpa disadari kita merupakan konsumen dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan besar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper