Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI (BBRI) Ungkap Kinerja Keuangan Kuartal III/2022 Hari Ini (16/11), Begini Proyeksinya

Mirae Asset Sekuritas memperkirakan laba bersih konsolidasi Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dapat mencapai Rp39,9 triliun per akhir September 2022.
Gedung BRI/Istimewa
Gedung BRI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dijadwalkan mengungkap kinerja keuangan kuartal III/2022 pada hari ini, Rabu (16/11/2022).

Berdasarkan undangan yang diterima Bisnis, paparan kinerja keuangan BBRI akan diselenggarakan secara virtual mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Lantas bagaimana proyeksi laba bersih yang akan dicetak oleh perseroan?

Sampai dengan semester I/2022, BBRI tercatat meraih laba bersih sebesar Rp24,88 triliun atau tumbuh 98,39 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Aset perseroan juga meningkat 6,37 persen yoy menjadi Rp1.652,84 triliun.

Dari sisi pembiayaan, BRI Group menyalurkan kredit Rp1.104,79 triliun atau naik 8,75 persen yoy hingga akhir Juni 2022. Kredit kepada seluruh segmen pinjaman tercatat tumbuh positif, dengan penopang utama yakni segmen mikro yang tumbuh 15,07 persen.

Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo dalam risetnya meramalkan bahwa BBRI akan menjadi bank dengan pertumbuhan laba bersih terkuat secara tahunan pada kuartal III/2022.

Menurut Handiman, hal itu diperoleh berkat pertumbuhan kredit di segmen mikro, campuran simpanan, dan biaya provisi moderat. Kehadiran holding ultramikro juga diperkirakan mampu menghasilkan imbal hasil yang tinggi.

“Kami juga memperkirakan cost of credit [CoC] akan terus dalam tren turun, terutama setelah mempertimbangkan rencana OJK untuk memperpanjang kebijakan relaksasi restrukturisasi pinjaman satu tahun lagi,” tuturnya.

Dia menyatakan bahwa laba bersih konsolidasi dari bank spesialis pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ini dapat mencapai Rp39,9 triliun per September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper