Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Begini Cara OJK 'Selamatkan' Ekonomi Kaltim

Simak cara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelamatkan ekonomi di Kalimantan Timur (Kaltim).
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 02 Desember 2022  |  17:56 WIB
Begini Cara OJK 'Selamatkan' Ekonomi Kaltim
Gerbang tol Karang Joang di Jalan Tol BalikpapanSamarinda (Balsam) di Kalimantan Timur./Bisnis - Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Timur mengungkapkan salah satu cara menyelamatkan ekonomi kaltim lewat restrukturisasi kredit sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kepala OJK Kaltim Made Yoga Sudharma menyatakan sektor UMKM menjadi sasaran restrukturisasi kredit di Kaltim karena memiliki peran yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi regional.

Dia menunjukkan, total nominal kredit yang mengikuti program restrukturisasi Covid-19 telah mengalami penurunan, dimana sampai dengan posisi September 2022 tercatat sebesar Rp4,97 Triliun.

 “Puncak tertinggi restrukturisasi kredit Covid-19 di Kaltim terjadi pada bulan September 2020 sebesar Rp7,97 Triliun,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/12/2022).

Dia mengungkapkan bahwa ekonomi Kaltim yang kian membaik menyebabkan penyaluran kredit ke segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) semakin bertumbuh.

Pertumbuhan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Kalimantan Timur pada 2022 sebesar Rp3,81 Triliun dengan total 56.814 debitur.

"Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan segmen UMKM berkorelasi positif terhadap pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Sebelumnya, OJK mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi dalam rangka mengatasi scarring effect yang ditimbulkan akibat pandemi serta menjaga kinerja fungsi intermediasi.

Dalam waktu dekat, Made menyebutkan sedang menyiapkan respons kebijakan yang bersifat targeted dan sektoral a.l restrukturisasi serta penetapan perlakuan khusus untuk LJK daerah/sektor tertentu yang terdampak bencana alam dan non-alam.

Adapun, dia menuturkan bahwa OJK akan terus melakukan penyelarasan kebijakan dengan mempertimbangkan dinamika perekonomian global dan domestik yang diperkirakan masih akan terus berubah terutama di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK restrukturisasi kredit kaltim
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top