Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI (BBRI) hingga Bank Mandiri (BMRI) Topang Laba BUMN per Kuartal III/2022

BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN atau Himbara ternyata berkontribusi lebih dari setengah laba BUMN sebesar Rp155 triliun pada kuartal III/2022.
Ilustrasi ATM Bank BUMN atau Himbara/ Istimewa
Ilustrasi ATM Bank BUMN atau Himbara/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Himpunan bank milik negara atau Himbara berkontribusi signifikan terhadap capaian laba bersih BUMN yang mencapai Rp155 triliun per kuartal III/2022.

Himbara merupakan gabungan 4 bank BUMN yang terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBTN).

Berdasarkan data yang diolah Bisnis, keempat bank pelat merah tersebut mencatatkan laba bersih sebesar Rp85,99 triliun sampai dengan kuartal III/2022.

Sementara itu, berdasarkan data kementerian BUMN, laba bersih konsolidasi BUMN yang belum diaudit mencapai Rp155 triliun per kuartal III/2022. Artinya, perolehan laba Himbara hingga kuartal III/2022 telah menyumbang lebih dari setengah capaian laba BUMN.

Berdasarkan pemberitaan Bisnis, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kinerja laba konsolidasian BUMN serta kontribusi BUMN sudah menunjukkan adanya konsolidasi, efisiensi, dan fokus pembangunan ekosistem.

Dia juga menegaskan dalam laporan keuangan, sebenarnya laporan buku laba konsolidasian BUMN per kuartal III/2022 mencapai Rp209 triliun. Namun, nilai tersebut termasuk laba hasil restrukturisasi Garuda senilai Rp54 triliun.

“Kami hanya bicara laba cash, kalau cash dan non cash digabungkan bisa mencapai Rp209 triliun. Kami tidak masukan karena belum tentu ada non cash besar lagi tahun depan seperti restrukturisasi ini,” ujarnya dalam Rapat Kerja di Komisi VI DPR, Senin (5/12/2022).

Erick juga memamerkan return emiten BUMN turut memberikan performa apik dibandingkan dengan sektor swasta. Berdasarkan data Kementerian BUMN, capital gain emiten pelat merah mencapai 8,2 persen, sementara kumulatif dividen 9,8 persen.

Dengan demikian, total pengembalian atau return yang diterima pemegang saham mencapai 18 persen, atau lebih tinggi dibandingkan dengan swasta yang hanya 10,8 persen.

Berikut rincian laba bersih dari 4 Bank BUMN, yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN pada kuartal III/2022

Bank BUMN

Laba Bersih Kuartal III/2022 

BRI (BBRI)

Rp 39,31 triliun

 

Bank Mandiri (BMRI)

Rp 30,7 triliun

BNI (BBNI)

Rp 13,7 triliun

Bank BTN (BBTN)

Rp 2,28 triliun 

Total

Rp 85,99 triliun 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper