Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

QR BCA (BBCA) Bisa Dipakai di Thailand

BCA melengkapi layanan BCA mobile dengan fasilitas QR cross border Thailand pada momen Nataru kali ini.
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS. /Freepik
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) kali ini, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) melengkapi layanan BCA mobile dengan fasilitas QR cross border yang dapat digunakan nasabah untuk bertransaksi di Thailand.

BCA melengkapi layanan BCA mobile dengan fasilitas QR cross border yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan transaksi pembayaran secara cashless di Thailand.

"Saat berbelanja dan melakukan pembayaran di Thailand, nasabah BCA bisa menggunakan fitur QRIS di BCA mobile untuk membayar dengan scan kode QR dari merchant yang sudah bermitra dengan bank Thailand yang terintegrasi dengan jaringan QRIS," jelas manajemen BBCA dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis pasa Kamis (29/12/2022).

Adapun mengenai mekanismenya, nominal transaksi yang dilakukan oleh nasabah nantinya akan dikonversi secara otomatis terlebih dahulu sesuai dengan kurs e-rate BCA.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) telah meresmikan implementasi kerja sama pembayaran berbasis QR code lintas negara (cross border QR payment linkage) antara Indonesia dan Thailand pada 4 bulan lalu, tepatnya pada 29 Agustus 2022.

Melalui kesepakatan tersebut, masyarakat di wilayah Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran dengan memindai Thai QR Code dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant

"Inisiatif tersebut bertujuan untuk menghubungkan pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR code nasional antar kedua negara. Bagi Indonesia, inisiatif ini juga merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 yang akan diintegrasikan dengan kerangka kerja sama dalam mendorong penggunaan mata uang lokal," jelas Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada Senin (29/08/2022) lalu.

Lebih lanjut, Gubernur Bank Sentral Thailand, Sethaput Suthiwartnarueput, juga menyampaikan hal senada. Dia mengatakan, kerja sama yang dibangun dalam upaya memacu Asean Payment Connectivity Initiative, menunjukan komitmen bersama untuk meningkatkan efisiensi dan menciptakan pembayaran lintas negara yang semakin inklusif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper