Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Survei BI: Penyaluran Kredit Perbankan Kuartal I/2023 Bakal Naik

Survei Bank Indonesia (BI) menyebutkan penyaluran kredit perbankan pada kuartal I/2023 diprediksi bakal naik.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 20 Januari 2023  |  13:26 WIB
Survei BI: Penyaluran Kredit Perbankan Kuartal I/2023 Bakal Naik
Ilustrasi logo Bank Indonesia - JIBI.
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencermati adanya kemungkinan penyaluran kredit perbankan pada kuartal I/2023 akan mengalami kenaikan. Hal itu yang terindikasi dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru sebesar 88,3 persen.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menjelaskan bahwa standar penyaluran kredit pada kuartal I/2023 diperkirakan akan jauh lebih longgar bila dibanding dengan periode sebelumnya.

"Hal ini terindikasi dari Indeks Lending Standard [ILS] negatif sebesar -0,5 persen. Kebijakan penyaluran kredit diprakirakan lebih longgar, antara lain pada aspek jangka waktu dan biaya persetujuan kredit," katanya pada keterangan resmi, Jumat (20/1/2023).
Sementara pada periode sebelumnya, yakni pada kuartal IV/2022 penyaluran kredit baru tercatat tumbuh positif terindikasi dari nilai SBT kredit baru sebesar 86,3 persen.

Dalam laporannya, pertumbuhan kredit baru tersebut terjadi pada seluruh jenis kredit yang tercermin dari nilai SBT pada seluruh sektor tercatat positif.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan bahwa pertumbuhan kredit khususnya terjadi pada 2 sektor utama.

"Peningkatan pertumbuhan kredit terjadi merata pada seluruh sektor ekonomi dan seluruh jenis kredit terutama kredit investasi dan kredit modal kerja," kata Perry dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis (19/1/2023). 

Sementara pada segmen UMKM, pertumbuhan kredit juga terus berlanjut dengan catatan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) tumbuh 29,66 persen yoy.

Adapun, laporan survei BI melaporkan bahwa prioritas utama responden dalam penyaluran kredit baru pada kuartal I/2023 akan menjamur pada permintaan kredit modal kerja, diikuti oleh kredit investasi dan kredit konsumsi. Terlebih lagi, standar penyaluran kredit yang lebih longgar dibandingkan triwulan sebelumnya diprakirakan terjadi pada jenis kredit modal kerja dan KPR.

Adapun, sektor ekonomi dengan SBT pertumbuhan tinggi pada kuartal I/2023 akan tersebar prioritasnya pada pada sektor Industri Pengolahan (74,2 persen), sektor perdagangan besar & eceran (80,5 persen), serta sektor perantara keuangan (80,5 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia kredit perbankan penyaluran kredit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top