Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Eximbank (LPEI) Beri Penjaminan Taka Hydrocore Ekspansi ke Kongo

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendukung ekspor nasional di sektor jasa ke pasar non tradisional.
Kapal yang digunakan Taka Hydrocore untuk melakukan pekerjaan geo survey ke Kongo, Afrika Barat./Bisnis-Pernita Hestin Untari
Kapal yang digunakan Taka Hydrocore untuk melakukan pekerjaan geo survey ke Kongo, Afrika Barat./Bisnis-Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA— Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) alias Indonesia Eximbank memberikan penjaminan kepada nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB), yakni PT Taka Hydrocore Indonesia. 

Penjaminan ini seiring pekerjaan Taka Hydrocore Indonesia melakukan survei geoteknikal di Republik Kongo, Afrika Barat.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk mendorong perusahaan Indonesia dalam melakukan ekspansi pasar ke negara-negara non tradisional seperti yang akan dilakukan oleh PT Taka Hydrocore Indonesia yang akan melaksanakan proyek di Kongo, Afrika Barat,” kata Maqin U Norhadi, Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI,  dikutip Selasa (31/1/2023).

Adapun dalam memberikan penjaminan kredit kepada Taka Hydrocore, LPEI menggunakan skema Penugasan Khusus Ekspor (PKE).

PKE atau National Interest Account (NIA) merupakan penugasan kepada LPEI sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan. Lembaga ini selain mencari laba, berfungsi mendorong daya saing produk maupun jasa Indonesia ke pasar global.

“Alhamdulillah dengan terlaksananya penjaminan kredit kepada PT Taka Hydrocore Indonesia ini menjadi bukti nyata peran LPEI dalam mendorong perusahaan Indonesia melakukan ekspansi ke pasar luar negeri. Dengan terlaksananya pemberian fasilitas ini, diharapkan para pelaku usaha Indonesia dapat semakin percaya diri untuk bersaing di pasar global,” ungkap Maqin.

Di sisi lain, Group Head Corporate Banking Bank BJB, Sonni Maulana Nurdin menjelaskan pihaknya mendukung usaha ekspor jasa dalam bentuk pembiayaan modal kerja, salah satunya kepada PT. Taka Hydrocore Indonesia. Dengan kemitraan yang terjalin dengan LPEI tentunya menambah level confident dalam menyalurkan kredit ke pelaku usaha Indonesia.

“Melalui penjaminan kredit ini, kami berkomitmen turut serta berkontribusi dalam rangka mendorong ekspor nasional,” kata Sonny saat meninjau persiapan Kapal MV Dolphin Geo Survey di Tanjung Uncang, Kota Batam, Jumat (20/1/2023). 

PT Taka Hydrocore Indonesia Lakukan Survei Geoteknikal

Direktur PT Taka Hydrocore Indonesia Denni Andri pun menjelaskan pihaknya melakukan survei geoteknikal ke Republik Kongo, Afrika Barat dengan kapal MV Dolphin Geo Survey pada 25 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper