Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Tanggung Kerugian Lion Air Tabrak Garbarata di Bandara Merauke?

Manajemen Lion Air memastikan bahwa asuransi tetap dijalankan sesuai dengan ketentuan seiring insiden salah satu pesawatnya menabrak garbarata di Mopah.
Sayap pesawat Lion Air mengalami kerusakan di Merauke, Papua setelah menabrak garbarata, Kamis (26/1/2023)./Antara News.
Sayap pesawat Lion Air mengalami kerusakan di Merauke, Papua setelah menabrak garbarata, Kamis (26/1/2023)./Antara News.

Bisnis.com, JAKARTA— Lion Air memastikan bahwa asuransi tetap dijalankan sesuai dengan ketentuan dalam kejadian sayap pesawat JT-797 yang menabrak garbarata di Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan. 

“Asuransi tetap dijalankan sesuai ketentuan pada operasional penerbangan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro kepada Bisnis, Kamis (26/1/2023). 

Sayang Danang tidak memberikan secara detail bidang apa saja yang ditanggung oleh pihak asuransi dalam insiden tersebut. Termasuk kerugian penumpang akinat tertundanya penerbangan. 

“Untuk pihak asuransi, saya belum bisa memberikan informasi detail,” imbuhnya. 

Pesawat tujuan Bandar Udara Sentani Jayapura, Papua tersebut batal terbang akibat kejadian tersebut. Adapun penerbangan awalnya akan membawa 7 awak pesawat dan 122 penumpang.

Danang menjelaskan bahwa pesawat JT-797 sebelumnya telah dipersiapkan secara baik dengan mengikuti standar operasional prosedur (SOP). 

“Lion Air mengoperasikan Boeing 737-900ER registrasi PK-LFO, sebelum keberangkatan pesawat sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan lebih awal [pre-flight check] dengan hasil layak dan aman dioperasikan [airworthy for flight],” kata Danang.

Dia menjelaskan setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat (apron). Namun dalam proses tersebut terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat. 

“Dalam memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan,” imbuh Danang. 

Dari hasil pengamatan, lekukan ujung sayap bagian kanan menyentuh bagian luar bangunan garbarata bandar udara. Dia pun memastikan pihaknya dan pihak berwenang tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Lion Air tidak dapat berspekulasi atau memberikan keterangan mengenai penyebab. Proses investigasi membutuhkan waktu signifikan untuk mendapatkan rekomendasi,” tutur Danang. 

Danang menyebutkan Lion Air akan menyediakan fasilitas kepada seluruh penumpang berdasarkan ketentuan yang berlaku antara lain memindahkan penerbangan (transfer flight) pada maskapai lain yang disesuaikan ketersediaan kursi. Sementara itu proses pengembalian dana tiket atau refund sesuai permintaan penumpang. 

Dalam video yang beredar, akibat kecelakaan ini atap bagian atas Garbarata mengalami kerusakan. Meski demikian, pihak berwenang belum mengumumkan nilai kerugian dari insiden tersebut.   

 

 

“Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul,” tandas Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper