Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Mobil Listrik Melonjak, BRI Finance Incar Pertumbuhan Pembiayaan

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menargetkan pertumbuhan pembiayaan kendaraan listrik mencapai 100 persen year-on-year (yoy) pada tahun ini.
Logo BRI Finance./Bisnis.com
Logo BRI Finance./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menargetkan pertumbuhan kendaraan listrik mencapai 100 persen year on year (yoy) pada 2023. Ini artinya perusahaan berhadapan kenaikan dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Adapun BRI Finance telah mengucurkan pembiayaan untuk kendaraan listrik Rp6 miliar pada 2022. 

“Terkait pembiayaan kendaraan listrik di tahun 2023 diproyeksikan bertumbuh sebesar 100 persen yoy dibandingkan periode 2022,” kata Corporate Secretary BRI Finance Taufiq Kurniadihardja saat dihubungi, Rabu (1/2/2023). 

Rencana pemerintah untuk meningkatkan kemudahaan penggunaan kendaraan listrik juga menjadi sisi yang diperhatikan perusahaan. Taufiq berbarap kebijakan pemerintah untuk memberikan subsidi kendaraan listrik meningkatkan minat masyarakat melakukan pembiayaan. 

Apalagi dengan meluasnya penggunaan kendaraan berbasis listrik, maka kondisi ramah lingkungan dapat lebih tercipta dalam kegiatan sehari-hari. 

Di sisi lain, BRI Finance menargetkan pertumbuhan 40 persen dibandingkan tahun sebelum pada 2023. Taufiq menyebutkan  strateginya dengan memperkuat segmen konsumer. Terlebih BRI Finance telah mencatatkan porsi penyaluran pembiayaan konsumer sekitar 70 persen dari total pembiayaan yang disalurkan pada 2022. 

“Target pertumbuhan bisnis BRI Finance pada 2023 ini diharapkan tumbuh 40 persen secara yoy, dengan porsi pembiayaan segmen konsumer diharapkan terus meningkat,” katanya.

Untuk diketahui, BRI Finance menawarkan sejumlah jenis pembiayaan yakni konsumer, komersial dan korporasi. 

Adapun pembiayaan konsumer meliputi pembiayaan mobil baru (BRIFnewcar), mobil bekas (BRIFused-car), pembiayaan sepeda motor (BRIFmotorcycle), dan pembiayaan fasilitas dana melalui BRIflash.  Salah satu fokus yang ingin ditumbuhkan BRI Finance untuk segmen konsumer di tahun 2023 ini yakni pembiayaan used car dan refinancing

“Untuk hal tersebut, perseroan juga akan mengoptimalkan sinergi dengan laku pandai BRI yakni Agen BRILink dan jaringan pensiunan BRI yang tersebar di Tanah Air,” kata Taufiq. 

Selain itu, BRI Finance juga akan mendorong pertumbuhan bisnis 2023 dengan memperkuat transformasi digital melalui empat inisiatif. Adapun keempat inisiatif tersebut yakni digital financing platform MyBRIF, percepatan re-engineering business process, kolaborasi publikasi dan digitalisasi bisnis, serta perluasan payment gateway channel melalui kerjasama dengan BRIMO, e-wallet, retail store dan produk perbankan Lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper