Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Kencang Kopra by Mandiri, BNIDirect, dan Maybank2E di Segmen Nasabah Korporasi

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan Maybank gencar membawa segmen korporasi ke ranah digital.
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (4/1/2023). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (4/1/2023). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) gencar mengembangkan layanan digital mereka untuk menggenjot transaksi nasabah segmen korporasi. 

BNI misalnya mengandalkan platform BNIDirect untuk menunjang transaksi bisnis nasabah korporasinya secara digital. Sedangkan Bank Mandiri mengandalkan Kopra. 

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan bahwa BNIDirect mampu memenuhi semua kebutuhan klien dalam satu portal terintegrasi. Tercatat jumlah pengguna BNIDirect mencapai 100.000 pengguna. Jumlah ini tumbuh 24,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) sepanjang 2022. Sementara, jumlah transaksi di BNIDirect mencapai 764 juta transaksi, meningkat 18,4 persen yoy.

Selain itu, BNI mempunyai BNI Xpora yang ditujukan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. Total kredit ekspor yang ada di BNI Xpora menembus Rp26,72 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp19,05 triliun. Volume perdagangan ekspor di BNI Xpora juga mencapai Rp66,21 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp24,36 triliun. Okki mengatakan bahwa ke depan perseroan akan melanjutkan fokus dalam pengembangan digitalisasi untuk mempermudah transaksi nasabah korporasi ini.

“Arah ke depan kita lebih fokus untuk penguatan digital, dalam hal ini layanan yang lebih baik kepada nasabah,” kata Okki dalam keterangan tertulis pada Minggu (5/2/2023).

Bank Mandiri juga memacu layanan digital untuk nasabah korporasi melalui Kopra by Mandiri. Layanan digital ini telah berhasil mengelola Rp18.567 triliun transaksi hingga akhir 2022 atau tumbuh 22 persen yoy.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan bahwa kehadiran layanan digital seperti Kopra mampu menunjang pertumbuhan pesat kinerja keuangan perseroan. "Ini membuktikan bahwa transformasi digital yang dilakukan Bank Mandiri telah berhasil berkontribusi signifikan terhadap kinerja keuangan dengan tren yang terus membaik,” ujar Darmawan.

Selain kedua bank tersebut, PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) telah meluncurkan layanan digital untuk nasabah nasabah korporasi yakni Maybank2E (M2E).

"Di era digitalisasi, strategi dan filosofi yang kita tekankan itu adalah kita harus sangat memahami kebutuhan nasabah yang berubah," kata Chief Strategy Transformation & Digital Officer Maybank Indonesia Charles Budiman.

Ia menjelaskan bahwa aplikasi M2E atau Maybank to Enterprise merupakan layanan digital yang diberikan untuk nasabah korporasi dalam mengelola keuangan bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper