Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komisaris Kresna Life Sebut Pemegang Saham Sudah Setor Modal Rp325 Miliar

Suntikan modal sebesar Rp325 miliar tersebut telah dilakukan pada 2020 silam.
Gedung Kresna Life./Foto:Web kresnalife
Gedung Kresna Life./Foto:Web kresnalife

Bisnis.com, JAKARTA – Komisaris PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) menyampaikan pemegang saham telah menyetorkan modal atau top-up senilai Rp325 miliar sebagai langkah penyehatan perusahaan.

Komisaris Independen Kresna Life Nurseto menyatakan suntikan modal sebesar Rp325 miliar tersebut telah dilakukan pada 2020 silam. Kendati demikian, penyetoran modal tersebut belum berdampak pada penyehatan Kresna Life.

“Pemegang saham sudah top-up modal sekitar Rp325 miliar pada 2020, dan itu [top-up modal] belum berdampak pada penyehatan perusahaan,” kata Seto kepada Bisnis, Senin (13/2/2023).

Selain itu, Seto menjelaskan bahwa perusahaan juga telah melakukan tambahan modal sebelum penyerahan Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) terakhir pada 30 Desember 2022.

“Hal tersebut sudah disampaikan langsung oleh pemegang saham pengendali ke OJK saat Zoom meeting antara AJK dengan OJK,” terangnya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat Kresna Life di dalam skema Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) tidak melakukan penambahan modal dari pemegang saham. Oleh sebab itu, regulator meminta agar pemegang saham pengendali (PSP) untuk menyuntikkan modal.

“Karena perlu diketahui, skema yang terakhir itu tidak sedikitpun masuk tambahan modal dari pemegang saham. Jadi hanya konversi pemegang polis menjadi pinjaman subordinasi,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono belum lama ini.

Dengan demikian, Ogi menjelaskan bahwa pemegang saham pengendali (PSP) Kresna Life wajib menyetorkan modal tambahan. Adapun, apabila PSP tidak menyuntikkan modal, maka OJK akan mengambil langkah tegas.

“Apabila tidak disetorkan atau tidak memenuhi syarat untuk berkelanjutan, maka OJK akan mengambil tindakan tegas karena kesempatan itu sudah diberikan cukup lama kepada Kresna Life untuk bisa menyelamatkan perusahaan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper