Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Portofolio Pembiayaan Berkelanjutan CIMB Niaga (BNGA) Capai 26%

Program keuangan berkelanjutan disediakan oleh CIMB Niaga agar nasabah dapat memilih program pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Nasabah beraktivitas di CIMB Niaga Digital Lounge di Jakarta, Sabtu (10/12/2022). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Nasabah beraktivitas di CIMB Niaga Digital Lounge di Jakarta, Sabtu (10/12/2022). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. berkomitmen untuk terus mendukung implementasi keuangan berkelanjutan sesuai POJK No. 51/POJK.03./2017, dengan menghadirkan berbagai program dan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. 

Komitmen tersebut juga terlihat dari peningkatan portofolio pembiayaan berkelanjutan di emiten berkode saham BNGA tersebut. 

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal PT Bank CIMB Niaga Tbk. Fransiska Oei mengatakan perseroan berkomitmen untuk aktif menjadi bagian ekosistem keberlanjutan yang fokus pada kolaborasi, transformasi, dan transisi yang berkeadilan (just transition), khususnya untuk mendukung tercapainya ekonomi rendah karbon maupun Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). 

“Bentuk dukungan antara lain meluncurkan produk atau program keuangan berkelanjutan dan monitoring portofolio Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB),” kata Fransiska kepada Bisnis, Rabu (15/3/2023). 

Dia mengatakan produk atau program keuangan berkelanjutan disediakan oleh CIMB Niaga agar nasabah dapat memilih program pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, sekaligus salah satu strategi CIMB Niaga untuk mendorong kinerja keberlanjutan dari nasabah.

Beberapa produk atau program keuangan yang dimiliki oleh CIMB Niaga antara lain, Sustainability Linked Loan/Financing dan program Sustainable Financing, Green Mortgage, pembiayaan panel surya, dan lain-lain.

Dengan sejumlah program yang dihadirkan, CIMB Niaga mencatat per Desember 2022 portofolio keuangan berkelanjutan atau KKUB sebesar 26 persen dari total pembiayaan CIMB Niaga dan jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan Desember 2021 sebesar 25 persen.

Dari sisi nasabah, kesadaran akan isu keberlanjutan atau energi bersih mengalami peningkatan meskipun belum secara menyeluruh. 

“Hal ini ditandai antara lain oleh meningkatnya portofolio sustainability linked loan di Indonesia, maupun portofolio KKUB secara umum,” kata Fransiska. 

Sebelumnya, dunia akan memperingati hari Hak Konsumen Sedunia atau World Consumers Rights Day pada 15 Maret. Pada 2023, Consumers International mengangkat tema "Clean Energy Transitions: Empowering Consumers through the Transition". 

Bagi sejumlah perbankan Indonesia isu mengenai keberlanjutan dan pembiayaan hijau terus bergulir dalam lima tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper