Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Komut dan Dirut Baru Bank Banten (BEKS) yang Baru Saja Direstui OJK

OJK telah memberikan persetujuan terhadap pengangkatan komisaris utama dan direktur utama Bank Banten (BEKS).
PT Bank Pembangunan Daerah Banten (BEKS)./Dok. Bank Banten
PT Bank Pembangunan Daerah Banten (BEKS)./Dok. Bank Banten

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS) baru saja menyampaikan keputusan OJK mengenai hasil fit and proper test dari komisaris utama dan direktur utama perseroan.

Dari laporan yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (6/6/2023), manajemen Bank Banten menyampaikan bahwa OJK telah menyetujui pengangkatan Hoiruddin Hasibuan sebagai Komisaris Utama Independen, terhitung sejak 25 Mei 2023.

Selain itu, disampaikan juga persetujuan OJK atas pengangkatan direktur utama Bank Banten yang baru. "Sesuai salinan Keputusan Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan OJK telah menyetujui pengangkatan Bapak Muhammad Busthami sebagai Direktur Utama Bank Banten, terhitung sejak tanggal 25 Mei 2023," tulis perseroan.

Berdasarkan situs resmi perseroan, Komisaris Utama Bank Banten Hoiruddin Hasibuan meniti karir aktif di Kepolisian Republik Indonesia sejak 1997, sebagian besar penugasan di bidang Reskrim.

Jabatan strategis yang pernah diemban yaitu 3 kali menjabat sebagai Kapolsek (Kapolsek Kota Manokwari Papua, Kapolsek Giriwoyo Wonogiri Jateng dan Kapolsek Kartasura Sukoharjo Jateng) serta Kapolres Malang Kota Polda Jatim.

Selama di Densus 88 AT, dia pernah menjabat sebagai Penyidik Madya, Kanit Analis Satgaswil Papua dan Maluku, Kasubag SDM, Kasatgaswil Bangka Belitung, dan kemudian sejak 2021 menjabat sebagai Stafsus Mendagri bidang Pemerintahan Desa dan Pengelola Perbatasan.

Pria yang menyandang gelar Doktor Bidang Ilmu Hukum di Universitas Brawijaya pada 2017 ini pernah menjabat sebagai Direktur Operasi pada PT Internusa Jaya Sejahtera (2014-2016), Komisaris Utama pada PT Shafa Mutiara Persada (sejak 2017), Komisaris pada PT Bintang Panah Energi (sejak 2019), dan Komisaris pada PT Solusi Pakai Muka (sejak April 2022).

Sementara itu, Direktur Utama Bank Banten Muhammad Busthami sebelumnya berkarir di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI). Beberapa jabatan yang diemban di bank pelat merah tersebut di antaranya GM Overseas Branch, Dili, Timor Leste (2006-2008), VP Overseas Offices Development & Supervision (2008-2010), Executive Director (2010-2013).

Pada 2014, Busthami ditugaskan menjabat sebagai SEVP Direktorat Special Asset Management dan Direktorat Retail Banking PT Bank Syariah Mandiri (2014-2016). Lalu, melanjutkan kiprahnya sebagai VP Special Asset Management Bank Mandiri (2016-2022).

Busthami menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1989 dan mendaoatkan gelar MBA di International Universitas of Japan, Nigita, Jepang pada 1997.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper