BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Klaim Jaminan Kematian Bagi Perangkat RT RW

BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda terus mendorong kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya bagi pekerja di sektor informal atau BPU.
Foto: BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Klaim Jaminan Kematian di Tembalang
Foto: BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Klaim Jaminan Kematian di Tembalang

Bisnis.com, SEMARANG - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda terus mendorong kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya bagi pekerja di sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU). Upaya tersebut dilakukan dengan masif menggelar sosialisasi dan koordinasi termasuk dengan perangkat pemerintahan untuk kedepan memperluas sosialisasi di sektor UMKM.

"Insya Allah tugas kami akan mensosialisasikan sehingga apa yang menjadi manfaat dari program pemerintah bisa benar-bisa dipahami seluruh masyarakat pekerja. Dulu BPJS Ketenagakerjaan hanya terbatas melindungi pekerja swasta. Sekarang mulai tahun 2014, seluruh masyarakat pekerja apapun pekerjaannya bisa mendapat sebuah jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran murah mulai Rp16.800/bulan,"ungkap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda dalam kegiatan Gelar Pelayanan Terpadu Akhir Pekan di Kantor Kecamatan Tembalang.

Dalam kegiatan tersebut BPJS Ketenagakerjaan sekaligus penyerahan klaim secara simbolis kepada ahli waris dari dua ketua RT/RW yang meninggal, yaitu Ngatminah (Ahli Waris Alm Syafiin perangkat RT/RW dari kelurahan sambiroto dan Djoeharwati (Ahli Waris Alm Sudar perangkat RT/RW kelurahan sendangmulyo).

"Ini sudah kewajiban (kami menyerahkan santunan) karena Pak Sekcam 'Sekretaris Camat' sudah menitipkan kepada kami, tentu juga Pak Camat atas perlindungan para RT/RW dan kami tambah informasi yaitu LPMK. Apabila terjadi risiko kami sangat konsen memberikan pelayanan, kecepatan dan ini semua berkat dukungan dari seluruh pemerintah Kota Semarang."imbuh Multanti.

Pihaknya berharap kedepan seluruh RT/RW, maupun LPMK terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan sehingga dapat bekerja dengan aman dan memiliki hidup yang sejahtera.

“Kemudian seperti yang kita ketahui bersama terkait Instruksi Presiden, kita semua mempunyai tanggung jawab mengurangi kemiskinan ekstrem. Harapan kami bukan jaminan sosial ini, 'nyuwun sewu', bukan hanya untuk kehilangan anggota keluarga tercinta, tetapi juga untuk selalu mengembangkan usaha atau mungkin menciptakan lapangan kerja baru," tambahnya.

Turut hadir mewakili Plt Camat Tembalang Agus Priharwanto, yakni Sekretaris Camat Cipta Nugraha. Dirinya menyebut penyerahan klaim jaminan sosial ini merupakan wujud nyata perlindungan BPJS Ketenagakerjaan terhadap para RT/RW yang bertugas.

"Ini adalah wujud nyata dari apa yang sudah diprogramkan BPJS Ketenagakerjaan," ungkap Cipta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper