Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Bank Indonesia (BI) Ungkap Persepsi Masyarakat Terhadap Kondisi Ekonomi Terbaru

Saat BPS mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal II/2023 di atas proyeksi ekonom yakni 5,17 persen, BI mencatat optimisme masyarakat bergerak level 123,5.
Ilustrari upaya Bank Indonesia (BI) menggerakkan perekonomian melalui Karya Kreatif Indonesia atau KKI 2023./ Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Ilustrari upaya Bank Indonesia (BI) menggerakkan perekonomian melalui Karya Kreatif Indonesia atau KKI 2023./ Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA –– Bank Indonesia mencatat keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Juli 2023 mengalami penurunan secara bulanan meski secara keseluruhan masih tetap kuat dibandingkan dengan periode Juni 2023.

Berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia (BI), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2023 terjaga dalam zona optimis (>100) pada level 123,5. Namun demikian, level IKK tersebut turun jika dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya yang sebesar 127,1.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan bahwa keyakinan konsumen yang tetap kuat pada Juli 2023 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimis, meski keduanya lebih rendah dari Juni 2023. 

IKE dan IEK pada periode tersebut masing-masing tercatat sebesar 113,8 dan 133,2, lebih rendah dari 116,8 dan 137,5 pada bulan sebelumnya.

“IKE tetap terjaga didukung oleh optimisme pada indeks penghasilan saat ini yang tetap kuat dan indeks pembelian barang tahan lama yang meningkat. Sementara itu, IEK tetap kuat terutama pada indeks ekspektasi penghasilan,” kata Erwin dalam keterangan resmi, Selasa (8/8/2023).

Pada komponen IKE, indeks pembelian barang tahan lama tercatat sebesar 108,5, meningkat 0,8 poin dari Juni 2023. 

Sementara itu, indeks ketersediaan lapangan kerja dan indeks penghasilan saat Ini masih terjaga dalam zona optimis meski mengalami penurunan masing-masing sebesar 4,6 poin dan 5,4 poin menjadi 113,0 dan 119,7 pada Juli 2023.

Pada komponen IEK, baik indeks ekspektasi penghasilan, ekspektasi terhadap kegiatan usaha, maupun ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, ketiganya mengalami penurunan ke level 136,4, 133,6, dan 129,8 pada Juli 2023.

Adapun, keyakinan konsumen pada Juli 2023 terpantau tetap optimis pada seluruh kategori pengeluaran, tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta. 

Berdasarkan usia, keyakinan konsumen pada Juli 2023 juga terpantau optimis pada seluruh kategori usia responden. 

Secara spasial, sebagian besar kota mencatat penurunan IKK, terdalam di Palembang sebesar -15,7 poin, diikuti Semarang -8,5 poin, dan Medan -8,3 poin. 

Sementara itu, beberapa kota lainnya mencatatkan peningkatan IKK, tertinggi di Mataram sebesar 8,7 poin, diikuti Padang 7,6 poin, dan Pontianak 4,1 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper