Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Milik Salim Group (BINA) Rilis Layanan Digital, Bidik 50.000 Nasabah UMKM

Executive Director Salim Group Axton Salim menyampaikan layanan ini masuk dalam bagian inovasi finansial terintegrasi berbasis digital, khususnya pada UMKM.
Peluncuran digital banking Bank Ina (BINA), Rabu (9/8/2023)/Bisnis-Arlina Laras
Peluncuran digital banking Bank Ina (BINA), Rabu (9/8/2023)/Bisnis-Arlina Laras

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Ina Perdana Tbk. (BINA) meluncurkan layanan perbankan digital banking yakni 'Bina' dan menargetkan dapat menjaring 50.000 nasabah UMKM hingga akhir 2024.  

Executive Director Salim Group Axton Salim menyampaikan layanan ini termasuk dalam bagian inovasi finansial terintegrasi berbasis digital khususnya pada segmen UMKM.

“Jadi, bisa dibilang ini hulu ke hilir ya. Jadi, misal ambil contoh ekosistem Salim Group itu kan ada Indomarco, itu kan distributor resmi barang-barang Indofood. Lalu, mengarah ke Indomaret ke tokonya. Nah, pada akhirnya kita bisa membantu UMKM secara finansial untuk bisa mendapat ekosistem menyeluruh,” ujarnya pada saat peluncuran Bina, Rabu (9/8/2023). 

Lebih lanjut, Axton merasa tak tertekan dengan peta persaingan bisnis bank digital yang ada. Bahkan, dirinya menilai ceruk pasar UMKM di Indonesia masih cukup besar, sehingga potensi tersebut masih bisa dimanfaatkan oleh bank-bank digital untuk menggenjot pertumbuhan bisnis ke depan.

“Jumlah UMKM digital yang mampu berbisnis secara online baru sekitar 19 juta unit usaha atau sekitar 29 persen. Maka, dengan persaingan bisnis digital saat ini, saya rasa kami [Bank Ina Digital] masih ada ruang untuk create something,” sebutnya. 

Adapun, dalam pelaksanaannya, Bank Ina Digital terbagi ke dalam beberapa layanan utama yang dirancang untuk menyediakan solusi dari hulu ke hilir untuk menjawab permasalahan yang kerap dialami oleh para pelaku UMKM. 

Wakil Direktur Utama Bank Ina Yulius Purnama Junaedi menyebutkan Bank Ina Digital menghadirkan tabungan digital yang memungkinkan pengguna membuka rekening Bina dengan berbagai kemudahan, seperti pembukaan tabungan sesuai kebutuhan tanpa perlu datang ke cabang, bebas minimum setoran awal, bebas admin, dan bebas minimum saldo. 

"Tabungan digital ini juga dilengkapi dengan bunga harian, kemudahan untuk membayar tagihan dan transaksi belanja. Kedua, layanan pinjaman digital Bina yang menyediakan dana modal usaha bagi para pelanggan terpilih dari mitra Bank Ina," katanya. 

Dia pun menambahkan, pinjaman yang diajukan dapat disetujui dengan cepat serta dapat dicairkan kapan saja dengan pilihan tenor dari 14 hari sampai dengan 90 hari, dengan limit pinjaman hingga Rp25 juta.  

Lalu, layanan API BINA yang menyediakan layanan informasi dan transaksi keuangan melalui aplikasi mitra bank. Layanan ini mengikuti Standar National Open API Pembayaran (SNAP) yang sudah ditentukan oleh Bank Indonesia.

"Syaratnya yang sudah berkolaborasi dengan ekosistem Salim Grup ya. Prioritasnya adalah mereka yang sudah menjadi bagian dari ekosistem,” tutup Yulius. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper