Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Pakai QRIS di Singapura dan Deretan Aplikasi yang Bisa Digunakan

Berikut cara pakai QRIS di Singapura, juga daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk pembayaran QRIS lintas negara di Indonesia dan Singapura.
Singapura/Pegipegi
Singapura/Pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) telah meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QRIS antarnegara antara Indonesia dan Singapura pada November 2023. Dengan begitu, masyarakat Indonesia pun bisa memakai QRIS ketika di Singapura.

Adapun, transaksi QRIS sendiri memang melaju pesat. Berdasarkan data BI, nominal transaksi QRIS tercatat tumbuh 157,43% secara tahunan (year on year/YoY) sehingga mencapai Rp24,90 triliun.

"Jumlah pengguna [QRIS] mencapai 45,03 juta dan jumlah merchant 30,12 juta yang sebagian besar merupakan UMKM," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada beberapa waktu lalu.

Dalam upayanya mengakselerasi digitalisasi sistem pembayaran, BI menetapkan target penggunaan QRIS sebesar 55 juta pengguna pada 2024. BI juga menetapkan target volume transaksi QRIS sebanyak 2,5 miliar transaksi pada 2024 dan memperkuat strategi implementasi QRIS antarnegara untuk percepatan akseptasi transaksi.

Adapun terbaru, BI telah meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara antara Indonesia dan Singapura bekerja sama dengan otoritas setempat.

Dengan begitu, pengguna atau nasabah dari lembaga keuangan dimungkinkan melakukan pembayaran ritel antarnegara dengan menggunakan aplikasi pembayaran yang dimiliki, dengan cara memindai QRIS atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) yang ditampilkan oleh merchant di Indonesia atau Singapura. 

Perry mengatakan interkoneksi ini juga akan mampu memperluas akses pasar bagi pelaku usaha kedua negara, khususnya usaha mikro dan kecil, melalui bertambahnya jumlah konsumen baru. 

Inisiatif ini juga akan menguntungkan wisatawan kedua negara seiring kembali meningkatnya pariwisata pascapandemi, yang mana pada paruh pertama 2023, terdapat 600.000 kedatangan dari Singapura ke Indonesia, dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura pada period Januari-Juni 2023. 

Berikut cara pakai QRIS di Singapura:

1. Buka aplikasi jasa pembayaran 

2. Scan QR Singapura

3. Masukkan nominal dalam dolar Singapura

4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah

5. Masukkan pin

6. Transaksi berhasil 

Berikut Daftar Aplikasi Pembayaran Indonesia yang bisa scan QR di Singapura:

1. Bank Central Asia (BCA)

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

3. Bank Syariah Indonesia (BSI)

4. Bank Permata 

5. CIMB Niaga 

6. Bank Sinarmas 

7. Bank Mega

8. Bank BPD Bali 

9. DANA 

10. Netzme 

Daftar aplikasi pembayaran Singapura yang bisa scan QRIS:

1. UOB 

2. OCBC 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper