Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Terus Melonjak, BSI Targetkan Pembiayaan Emas Tumbuh 30% pada 2024

BRIS menargetkan pertumbuhan bisnis emas sebesar 30% pada 2024 dan optimistis dapat mencapai target tersebut.
Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang BSI, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang BSI, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) alias BSI menargetkan pertumbuhan bisnis emas sebesar 30% pada 2024. 

Perseroan optimistis dapat mencapai target tersebut mengingat hingga Februari 2024, bisnis emas BSI sudah tumbuh 27,2% yoy serta tingginya minat masyarakat untuk investasi emas di tengah kondisi geopolitik yang tidak menentu.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan emas masih menjadi instrumen investasi yang diminati oleh masyarakat karena sifatnya yang safe-haven dan tahan terhadap inflasi. 

"Oleh karena itu, emas menjadi aset aman yang dicari saat eskalasi geopolitik meningkat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/4/2024)

Dia melanjutkan, per Februari 2024, realisasi angka bisnis pembiayaan emas BSI mencapai Rp3,76 triliun. 

"Kami yakin angka ini akan terus bertambah seiring makin tingginya minat masyarakat terhadap emas serta adanya tren kenaikan harga emas,” ujarnya. 

Sebagaimana diketahui, harga emas kembali cetak rekor dengan tembus di level psikologis baru US$2.400 per troy ons pada pada Jumat (19/4/2024). 

Menurut data Refinitiv, harga emas di pasar spot menguat 0,92% menjadi US$2.400,13 per troy ons. Level ini menjadi rekor tertinggi sepanjang masa. Kenaikan ini juga memperpanjang tren positif emas. 

Adapun, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada Jumat (19/4/2024) untuk ukuran satu gram dibanderol di harga Rp1,345 juta per gram. 

Menurut Anton, BSI menyiapkan beberapa strategi untuk meningkatkan bisnis emas terhadap pembiayaan sepanjang 2024. Salah satunya, memfasilitasi layanan emas di lebih dari 1.000 outlet BSI seluruh Indonesia. 

Selain itu, BSI juga menyiapkan layanan digital melalui BSI Mobile untuk cicil emas, tabung emas & gadai emas. Tidak ketinggalan, produk cicil emas dengan margin yang kompetitif serta cicilan ringan yang dapat diangsur hingga jangka waktu maksimal lima tahun.

“Saat ini total kontribusi bisnis emas terhadap pembiayaan konsumer BSI sebanyak 6%,” ujarnya.

Anton menyebut, mayoritas segmen nasabah yang memiliki emas di BSI berasal dari kalangan pegawai yang cenderung bisa mengatur cash flow untuk pembelian emas maupun cicil emas sesuai dengan pendapatan per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper