Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aturan Paylater Rilis 2025, BCA Harap Bisa Dukung Pertumbuhan Bisnis yang Pruden

BCA berharap aturan khusus paylater yang akan dirilis pada 2025 bisa mendorong pertumbuhan yang pruden dan berkelanjutan.
Karyawan melayani nasabah mengenai kartu kredit BCA di Jakarta, Sabtu (16/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah mengenai kartu kredit BCA di Jakarta, Sabtu (16/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA— PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) turut menanggapi soal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan mengeluarkan aturan khusus paylater pada tahun depan. Diketahui, BCA menjadi salah satu pemain perbankan yang menawarkan pembayaran dengan skema buy now pay later (BNPL).

Executive Vice President (EVP) Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengungkap pada prinsipnya BCA akan senantiasa mencermati dan sejalan dengan kebijakan dari pemerintah, regulator, dan otoritas perbankan.

“Termasuk terkait rencana aturan baru mengenai paylater. Kami akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait implementasi atas rencana regulasi baru ini,” kata Hera saat dihubungi Bisnis, Rabu (26/6/2024). 

Ke depannya, lanjut Hera, BCA berharap regulasi ini dapat mendorong pertumbuhan paylater secara pruden dan berkelanjutan. Terlebih, lanjut Hera, BCA senantiasa menyalurkan kredit, termasuk Paylater, secara pruden.

Selaras dengan prospek pertumbuhan ekonomi yang positif pada 2024, pihaknya berharap transaksi menggunakan Paylater BCA akan terus meningkat sehingga berdampak pada pertumbuhan kredit konsumsi BCA. 

Hera pun mengakui sejak diluncurkan pada Oktober 2023, pihaknya melihat animo yang tinggi dari masyarakat.  Selain itu, BCA juga melihat transaksi terus bertambah dan menunjukkan tren yang positif. Per April 2024, pengguna layanan Paylater BCA bahkan hampir mencapai 100.000 nasabah. 

“Jumlah ini tumbuh sekitar 87% dibandingkan posisi per Desember 2023,” kata Hera.

Sementara itu secara outstanding, BCA mencatat sekitar Rp200 miliar per April 2024, yang mana tumbuh sekitar 75% apabila dibandingkan posisi per Desember 2023.

Sebagai informasi, Paylater BCA memiliki limit kredit hingga Rp20 juta dengan promo khusus suku bunga cicilan kompetitif dari 0% per bulan untuk 1 bulan (bayar nanti) dan 3 bulan; serta 1,25% per bulan untuk 6 bulan dan 12 bulan yang berlaku hingga September 2024. 

Nasabah dapat memanfaatkan fitur ini sebagai alternatif untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS dengan minimal transaksi Rp100.000. Untuk dapat menggunakan layanan Paylater BCA, nasabah perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi myBCA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper