Tips Membeli Rumah Ramah Lingkungan dengan KPR BRI untuk Rumah Pertama

Salah satu keputusan besar dalam hidup adalah membeli rumah, Buat kamu yang ingin membeli rumah pertama, prosesnya pasti terasa menantang
Foto: Tips Membeli Rumah Ramah Lingkungan dengan KPR BRI untuk Rumah Pertama
Foto: Tips Membeli Rumah Ramah Lingkungan dengan KPR BRI untuk Rumah Pertama

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu keputusan besar dalam hidup adalah membeli rumah. Buat kamu yang ingin membeli rumah pertama, prosesnya pasti terasa menantang. Apalagi saat ini, banyak developer yang memiliki banyak konsep perumahan. 

Perumahan ramah lingkungan saat ini menjadi tren. Kenapa? Itu karena rumah ramah lingkungan membuat hidup lebih baik. Material bangunan yang digunakan berkelanjutan seperti bahan daur ulang yang memiliki jejak karbon rendah. Konsumsi energi pun dirancang lebih minimal, seperti pengelolaan air yang lebih efisien dengan menggunakan peralatan hemat energi untuk mengurangi konsumsi listrik, juga adanya sistem daur ulang air dan tangki penampungan air.  

Rumah ramah lingkungan juga di desain mengedepankan energi terbarukan, seperti penggunaan panel surya yang memanfaatkan energi matahari. Nah dengan memiliki rumah yang ramah lingkungan, artinya kamu juga mengurangi biaya operasional rumah dalam jangka panjang.

Pada intinya aspek keberlanjutan menjadi penting ketika memilih rumah ramah lingkungan. Nah, buat kamu yang  ingin membeli rumah pertama dengan hunian ramah lingkungan, simak tips praktisnya berikut ini: 

Tentukan Prioritas Lingkungan

Sebelum mulai mencari, buatlah daftar prioritas fitur ramah lingkungan yang diinginkan. Apakah kamu fokus pada efisiensi energi, pengelolaan air, atau penggunaan material bangunan berkelanjutan? Ini akan membantu menyaring pilihan yang ada.

Perhatikan Lokasi dan Aksesibilitas

Selain rumah yang ramah lingkungan, pilihlah lokasi yang mendukung gaya hidup berkelanjutan. Misalnya, akses yang mudah ke transportasi umum atau area yang memungkinkan untuk bersepeda atau berjalan kaki.

Cek Sertifikasi Lingkungan

Pastikan rumah yang kamu incar memiliki sertifikasi lingkungan dari lembaga terkait, seperti Green Building Council Indonesia (GBCI) atau standar lainnya yang memastikan bahwa rumah tersebut memenuhi kriteria ramah lingkungan.

Konsultasikan dengan Ahli

Selain tips di atas, agar lebih yakin lagi kamu juga bisa meminta pendapat dari ahli atau konsultan yang fokus pada bangunan berkelanjutan. Mereka dapat memberikan wawasan mengenai desain rumah dan dampak lingkungan.

Cari Pengembang yang Fokus pada Keberlanjutan

Banyak pengembang properti yang kini menawarkan rumah dengan desain ramah lingkungan. Pastikan kamu melakukan riset mengenai reputasi pengembang dan proyek yang mereka kerjakan terkait keberlanjutan.

Manfaatkan Program KPR dari BRI

Saat ini (di era modern) kepedulian terhadap lingkungan bukan lagi pilihan, tapi sebuah keharusan. Oleh karena itu, BRI hadir sebagai bank yang mendukung perubahan perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, dengan terus berinovasi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Salah satu bentuk kepedulian BRI terhadap lingkungan yaitu menghadirkan hunian ramah lingkungan dengan menghadirkan Program KPR BRI Green Financing. Jadi, KPR BRI Green Financing adalah produk KPR yang dikhususkan untuk pembelian hunian baru yang ramah lingkungan dengan DP mulai dari 0%. 

BRI juga bekerja sama dengan developer green concept building yang memudahkan masyarakat mencari hunian ramah lingkungan, seperti Ciputra, Jaya Property, Adhi Realty, Metland, sinarmas land, summarecon, Agung Sedayu Group, Alam Sutera, Agung Podomoro Land, dan perumnas. 

Dengan banyaknya developer yang menawarkan KPR BRI Green Financing, impian memiliki hunian pun tak lagi jadi angan-angan. Agar proses memiliki rumah ramah lingkungan lebih mudah, ada baiknya kamu menerapkan strategi praktisnya berikut ini: 

  1. Cek Suku Bunga dan Tenor

KPR BRI Green Financing menawarkan DP mulai dari 0%dengan suku bunga mulai dari 4,65% fixed 3 tahun hingga 5,65% fixed 5 tahun dengan minimum tenor 10 tahun. KPR BRI Green Financing juga menyediakan maksimum tenor kredit 25 tahun, untuk fix income dan 20 tahun untuk non fix income. Pastikan kamu mengambil tenor KPR yang sesuai dengan kemampuan cicilanmu atau anggaran bulananmu, ya! 

    2. Cari Hunian dan Lakukan Simulasi KPR

Jika ingin mencari berbagai hunian impian dan sekaligus melakukan pengajuan (apply) KPR BRI, kamu bisa kunjungi  Homespot.id. Ini merupakan one-stop housing marketplace yang menghubungkan pembeli dan penjual dalam satu platform. Homespot.id juga dilengkapi dengan kalkulator KPR yang membantu para calon debitur, untuk memperkirakan harga rumah, tenor, suku bunga, dan jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

    3. Siapkan Dokumen Lengkap

    Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap sebelum pengajuan. Dokumen yang biasanya diminta biasanya adalah KTP dan Kartu Keluarga, NPWP, Slip gaji atau rekening koran tiga bulan terakhir, dan surat pernyataan belum memiliki rumah. 

    Nah yang harus kamu ketahui, rumah ramah lingkungan sering kali mengalami kenaikan nilai yang lebih cepat karena permintaannya yang terus meningkat, terutama dengan kesadaran masyarakat yang semakin peduli terhadap isu lingkungan. Oleh karena itu, jika ada kesempatan memanfaatkan KPR Green Financing dari BRI dan lakukan sekarang ya! Periode Program KPR BRI Green Financing ini berlaku hingga 30 September 2024. 

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

    Penulis : Media Digital
    Editor : Media Digital

    Topik

    Konten Premium

    Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terbaru

    # Hot Topic

    Rekomendasi Kami

    Foto

    Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper