Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Lini Syariah, Allianz Utama Siapkan Produk Taylor-Made

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia akan berfokus pada penyediaan produk taylor-made guna mengembangkan kinerja unit bisnis syariah pada 2016.
Allianz Utama/Bisnis.com
Allianz Utama/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia akan berfokus pada penyediaan produk taylor-made guna mengembangkan kinerja unit bisnis syariah pada 2016.

Presdir PT Asuransi Allianz Utama Indonesia Pieter Van Zyl menjelaskan saat ini pihaknya bersama konsultan tengah menyiapkan strategi untuk mengembangkan unit usaha tersebut.

Salah satu poin yang akan dikembangkan pada tahun depan terkait fokus perusahaan untuk menyediakan produk taylor-made atau asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Kami masih menyiapkannya. Setidaknya pada 2016 kami sudah bisa menjalankan hal itu,” ujarnya pada Jumat (20/11/2015).

Van Zyl menuturkan pihaknya tidak ingin berasumsi terkait kebutuhan masyarakat secara umum sebelum mengeluarkan produk, khususnya pada segmen syariah. Sebaliknya, pihaknya ingin menghadirkan produk yang sungguh-sungguh menjawab kebutuhan setiap nasabahnya.

Karena itu, dia menjelaskan produk taylor-made menjadi keharusan untuk  menangkap peluang pasar asuransi syariah di Indonesia.

“Umumnya perusahaan mereka membuat produk dengan asumsi kebutuhan masyarakat. Kami tidak ingin begitu,” kata dia.

Langkah itu, sambung Van Zyl, menjadi bagian dari strategi bisnis PT Asuransi Allianz Utama Indonesia untuk merealisasikan target pertumbuhan bisnis yang dipatok sebesar 17% pada 2016.

Prospek perkembangan industri asuransi umum di Indonesia yang sangat signifikan diyakini juga menghadirkan tantangan baru yang harus dipenuhi setiap perusahaan asuransi.

Salah satu pilar strategi perusahaan terkait dengan kebutuhan atau nilai konsumen. Menurutnya, perusahaan akan berupaya memenuhi segala kebutuhan konsumen dalam hal asuransi kerugian.

“Pasar berkembang dan berubah. Kami juga harus berubah untuk memberikan pelayanan yang unggul,” kata dia.

Van Zyl menuturkan pihaknya masih mampu menjaga pertumbuhan bisnis di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional. Hingga kuartal III/2015 perusahaan asuransi umum ini masih mampu bertumbuh di kisaran 15%.

Sementara itu, Wiyono Sutioso, Wakil Presiden Direktur PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, mengatakan saat ini pihaknya menjadi satu-satunya anak usaha Allianz Group di seluruh dunia yang mengembangkan unit bisnis syariah.

"Selama ini sudah ada unit bisnis itu, tetapi kami akan terus dorong untuk lebih baik lagi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper