Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Pacu Transformasi Digital Banking

Bisnis.com, JAKARTA Memasuki usia yang ke-57, PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Bank DKI) berkomitmen untuk terus transformasi digital banking yang telah dimulai sejak 2017.
Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi (kanan) didampingi Presdir PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto memberi paparan saat berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, Kamis (14/12)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi (kanan) didampingi Presdir PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto memberi paparan saat berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, Kamis (14/12)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Memasuki  usia yang ke-57, PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Bank DKI) berkomitmen untuk terus transformasi digital banking yang telah dimulai sejak 2017.  

Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi mengatakan bahwa pada peringatan Hari Uang Tahun (HUT) ke-57 perseroan yang jatuh pada Rabu, 11 April 2018, Bank DKI berhasil mencatatkan sejumlah pencapaian penting. 

"Pada 2017 merupakan tahun yang menantang, namun Bank DKI berhasil mencatatkan berbagai pertumbuhan kinerja, seiring dengan berbagai inisiatif strategis yang menjadi milestone pencapaian Bank DKI tahun ini," tutur Kresno, Rabu (11/4/2018). 

Menurutnya, berbagai aktivitas bisnis yang dilakukan di sepanjang 2017 telah berhasil mendorong pencapaian laba perseroan yang positif. Laba bersih per 31 Desember 2017 tercatat sebesar Rp712,17 miliar, meningkat 10,40% dibandingkan dengan realisasi pada 2016 sebesar Rp645,11 miliar. 

Namun demikian, guna menjawab berbagai tantangan yang ada pada industri perbankan Tanah Air saat ini, Bank DKI menyatakan akan terus meningkatkan perannya dalam penerapan teknologi dan digital perbankan melalui peluncuran aplikasi JakOne Mobile. 

Menurut Kresno, inovasi menuju digital banking dengan peluncuran Jakone Mobile pada akhir 2017 itu dilakukan demi menjawab tuntutan masyarakat akan transaksi keuangan yang cepat dan modern. 

Bank DKI diketahui telah meluncurkan JakOne Mobile sebagai aplikasi layanan keuangan digital yang terdiri mobile banking dan mobile wallet dan dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi kebutuhan sehari-hari seperti pembayaran biller Telkom PSTN dan tagihan air, pembayaran tiket maskapai penerbangan, dan lainnya. 

Pengguna JakOne Mobile juga dapat melakukan pembukaan rekening tabungan secara online. “Pembukaan rekening ini cukup mudah di mana nasabah hanya perlu mengunggah kartu identitas, pengisian data pribadi dan verifikasi OTP pada aplikasi JakOne Mobile," ujar Kresno. 

JakOne Mobile juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran dengan menggunakan fitur scan to pay pada merchant-merchant yang sudah bekerjasama dengan Bank DKI.  

“Pengguna JakOne Mobile hanya perlu melakukan scanning pada QR Code yang disediakan oleh merchant-merchant yang sudah bekerjasama dengan Bank DKI, seperti Warteg Kharisma Bahari, McDonald, Dum-Dum Thai Tea, Baskin Robbins dan lain-lain," imbuhnya. 

Menurutnya saat ini, Bank DKI juga melakukan pengembangan fitur pada JakOne Mobile dengan melakukan penambahan biller BPJS Kesehatan, Pajak Bumi dan Bangunan serta Digitalisasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya.  

"Atas hal itu, Bank DKI berhasil mendapatkan rekor MURI pada kategori pelayanan STNK secara digital dengan sistem pembayaran melalui QR code pertama di Indonesia," ujarnya.  

Direktur Bisnis Bank DKI, Antonius Widodo menambahkan hingga saat ini JakOne Mobile telah didownload sebanyak 71.000 kali dan yang bekerja sama dengan Bank DKI sudah 3.680 merchant.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper