Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MANDIRI & BCA: Transfer antar bank via ATM meningkat 40%

JAKARTA: Transfer dana antar bank lewat layanan anjungan tunai mandiri meningkat secara signifikan pasca terkoneksinya PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk.Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), volume transaksi antar bank via ATM pada Maret

JAKARTA: Transfer dana antar bank lewat layanan anjungan tunai mandiri meningkat secara signifikan pasca terkoneksinya PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk.Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), volume transaksi antar bank via ATM pada Maret 2012 mencapai 10,62 juta dan merupakan rekor tertinggi selama ini. Bila dibandingkan dengan rerata tahun lalu yang di kisaran 7.581 volume transaksi per bulan, maka terjadi peningkatan sekitar 40%.Sejalan dengan peningkatan volume, nominal transaksi juga mencetak rekor pada Maret dengan nilai Rp19.01 triliun, lebih tinggi sekitar 40% dibandingkan dengan rerata pada tahun lalu, yakni Rp13,52 triliun per bulanTransfer dana antar bank masih di bawah 25%  dibandingkan pengiriman uang intrabank via ATM, yang tercatat memiliki volume 42,86 juta transaksi dengan nilai Rp101,83 triliun selama Maret 2012.Peningkatan transfer dana antar bank via ATM dipengaruhi oleh bergabungnya Bank Mandiri dengan jaringan ATM Prima yang dikelola PT Rintis Sejahtera sejak pertengahan Januari lalu.Kerja sama itu membuat ATM Bank Mandiri bisa terkoneksi dengan Bank Central Asia, yang merupakan bank dengan jaringan ATM terbesar kedua. Selain itu Bank Mandiri juga bisa terkoneksi dengan puluhan bank anggota Prima lainnya.Ina Suwandi, General Manager Divisi Dana dan Jasa BCA, mengakui ada peningkatan transaksi ATM dalam jaringan Prima sebesar 5%--10% dari setelah terjalin interkoneksi dengan Bank Mandiri.“Interkoneksi yang dibuka pada tarik tunai, cek saldo, dan transfer antar bank. Peningkatannya terjadi pada tiga layanan tersebut,” ujarnya hari ini.Meski demikian dia mengatakan peningkatan tersebut tidak signifikan, karena transaksi BCA dengan bank anggota ATM Prima lainnya sudah cukup besar.Sementara itu, Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, mengatakan ada tambahan 40.000 transaksi per bulan setelah terjalin interkoneksi dengan Prima.“Sebelum terjadi  interkoneksi transaksi yang lewat cabang untuk kliring baik masuk dan keluar ada 7 ribu transaksi per bulan. Setelah interkoneksi di cabang ada 8 ribu transaksi. Sementara di ATM ada tambahan 40 ribu transaksi per bulan, jauh lebih tinggi dari cabang,” ujarnya belum lama ini.Bank Mandiri saat ini merupakan bank dengan jaringan ATM terbesar dengan jumlah sekitar 9.000 unit. Adapun BCA merupakan pemilik ATM terbesar kedua, dengan jumlah 8.836 unit. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper