Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK SINAR BALI Diminta Tetap Fokus ke UKM

BISNIS.COM, DENPASAR--Pelaku usaha dan praktisi perbankan mendesak PT Bank Sinar Harapan Bali tetap fokus membangun perekonomian untuk sektor mikro dengan memperbesar porsi penyaluran kredit usaha dan kredit mikro. Kekhawatiran ini akibat adanya skema

BISNIS.COM, DENPASAR--Pelaku usaha dan praktisi perbankan mendesak PT Bank Sinar Harapan Bali tetap fokus membangun perekonomian untuk sektor mikro dengan memperbesar porsi penyaluran kredit usaha dan kredit mikro.

Kekhawatiran ini akibat adanya skema pembelian saham Bank Sinar melalui mekanisme right issue oleh 3 perusahaan perbankan milik negara.

Selain PT Bank Mandiri Persero Tbk, saham baru Bank Sinar diserap oleh PT Pos Indonesia Persero dan PT Taspen Persero.

Bank Mandiri masih menjadi pemegang saham mayoritas dengan 59,6% dan sisanya Pos Indonesia dan Taspen masing-masing sebesar 20,2%.

AA Alit Wiraputra, Ketua Kamar Dagang dan Industri kabupaten Badung, Bali, mengatakan perubahan komposisi saham itu berpotensi mengubah pola bisnis dari bank asal Bali yang fokus menyalurkan kredit mikro.

"Bank Sinar harus tetap berkonsentrasi membangun perekonomian Bali dengan menyalurkan kredit mikro," katanya Kepada Bisnis, Kamis (23/5/2013).
 
Saat ini, lanjutnya, sudah semakin sedikit perusahaan perbankan yang memfokuskan diri membangun kredit mikro. Mereka kerap beralasan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak bankable, visible dan credible.

Pada konsep kedekatan dengan mayarakat, lanjut Alit, harusnya Bank Sinar lebih mampu menyalurkan kredit mikro dan usaha jika dibandingkan dengan kredit konsumtif meski memiliki margin laba yang lebih besar. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper