Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PANIN LIFE: Calon Investor Baru Dai Chi Belum Sepakat

BISNIS.COM, JAKARTA—Perusahaan asuransi jiwa PT Panin Life masih melakukan proses penjajakan dalam mencari investor baru.

BISNIS.COM, JAKARTA—Perusahaan asuransi jiwa PT Panin Life masih melakukan proses penjajakan dalam mencari investor baru.

Sebelumnya diberitakan Reuters pada Jumat (24/5/2013), perusahaan asuransi Jepang Dai-chi Life Insurance Co Ltd telah menyetujui membeli 40% saham Panin Life Indonesia senilai 30 miliar yen, setara dengan US$295 juta.

Simon Imanto, Wakil Presiden Direktur Panin Life, saat dikonfirmasi mengatakan informasi tersebut bukan datang dari pihak Panin Life.

“Proses masih berlangsung belum selesai”, katanya kepada Bisnis, Sabtu (25/5/2013).

Dia menegaskan akan membuat pengumuman resmi apabila kesepakatan antara Panin Life dan investor baru telah berlangsung.

Head of Marketing and Corporate Communications Panin Life Windra Krismansyah Bakrie mengatakan saat ini kedua belah pihak masih dalam proses penjajakan.

“Ekpektasi kita tahun ini sudah ada keputusan atau finalisasi,” katanya.

Semua strategi kemitraan yang dijalankan Panin Life menurutnya untuk mengembangkan perusahaan. Terkait kesepakatan dengan Dai-chi Life, dia belum bersedia berbicara lebih jauh mengingat belum terjadi kesepakatan.

Menurut sumber Reuters yang tak mau disebutkan namanya, perusahaan asuransi terbesar keempat di Jepang tersebut telah melakukan pembicaraan dengan pemilik PT Panin Financial Tbk untuk membeli saham di unit asuransi jiwa milik perseroan.

Dai-chi Life juga merupakan salah satu penawar untuk asuransi ING Groep NV di Asia Tenggara tahun lalu, tetapi tidak berhasil mengantongi aset.

Selain itu, Dai-chi juga merupakan salah satu perusahaan yang mengajukan tawaran untuk saham pengendali di unit asuransi jiwa Malaysia AMMB Holdings Bhd.

Pertumbuhan ekonomi yang pesat serta meningkatnya pendapatan pribadi di Asia Tenggara telah menarik perusahaan asuransi Jepang melihat prospek di luar negara mereka.

Swiss Re menyebutkan, hanya 5,8% dari populasi Asia yang memanfaatkan asuransi, sementara di Amerika Serikat 8,1%, ini menjadikan penjualan premi asuransi di negara berkembang Asia hampir 3 kali dibandingkan pertumbuhan di negara-negara industri.

Panin Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang berada dibawah naungan Panin Group. Panin Life memiliki jaringan pemasaran di kota-kota utama di Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Perusahaan tersebut membukukan premi sebesar Rp1 triliun (unaudited) pada kuartal I tahun ini atau tumbuh 55% dibandingkan periode yang sama pada 2012. Perusahaan asuransi jiwa ini juga membukukan aset senilai Rp4,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper