Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KINERJA BPR: Survive di Daerah Marginal

IBU KOTA tak ramah bagi ‘kaum papa’. Ungkapan tersebut rasanya tepat untuk menggambarkan kondisi bank perkreditan rakyat (BPR). Bank mikro itu tergilas pemodal besar di antara belantara beton Ibu Kota.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 10 Juli 2013  |  08:09 WIB

IBU KOTA tak ramah bagi ‘kaum papa’. Ungkapan tersebut rasanya tepat untuk menggambarkan kondisi bank perkreditan rakyat (BPR). Bank mikro itu tergilas pemodal besar di antara belantara beton Ibu Kota.

Berdasarkan data Bank Indonesia per April 2013, aset BPR di Jakarta hanya di peringkat delapan senilai Rp1,59 triliun. Ironis, bila dibandingkan dengan aset bank umum nasional yang separuh lebih berada di Jakarta.

BPR tumbuh subur di Jawa Tengah yang menempati peringkat teratas nasional senilai Rp15,12 triliun. Diikuti oleh Jawa Barat dan Jawa Timur dengan aset masing-masing Rp11,67 triliun dan Rp8,14 triliun. Provinsi di luar Jawa yang masuk dalam empat besar dari segi aset adalah Bali dengan portofolio BPR Rp6,58 triliun.

Bali tercatat sebagai provinsi yang memiliki rata-rata pertumbuhan aset di atas nasional dalam 5 tahun terakhir, yakni 36,72%. Adapun, provinsi yang memiliki pertumbuhan aset BPR teratas adalah Kepulauan Riau sebesar 59,76% menjadi Rp3,39 triliun. Secara nasional pertumbuhan aset BPR dalam 5 tahun terakhir sebesar 22,69%.

Sementara itu, provinsi termiskin dalam memiliki BPR adalah Sulawesi Barat yang hanya sekitar Rp7 miliar. Kemudian diikuti Maluku Utara Rp18 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali bpr jawa

Sumber : Bisnis Indonesia (10/7/2013)

Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top